Sembilan Jenis Layanan Bimbingan dan Konseling, Guru Wajib Tahu

Info Kuipper School.
Kegiatan konseling adalah kegiatan pelayanan bantuan oleh tenaga profesional kepada seorang atau sekelompok individu untuk pengembangan kehidupan efektif sehari-hari dan penanganan kehidupan efektif sehari-hari yang terganggu dengan fokus pribadi mandiri yang mampu mengendalikan diri melalui penyelenggaraan berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung dalam proses pembelajaran. 

Sebagai kegiatan pelayanan BK memiliki beberapa macam pelayanan, diantaranya adalah:
a) Layanan Orientasi adalah jenis layanan BK yang khusus membantu peserta didik untuk memahami lingkungan baru, seperti lingkungan satuan pendidikan bagi peserta didik baru, dan obyek-obyek yang perlu dipelajari, untuk menyesuaikan diri serta mempermudah dan memperlancar peran di lingkungan baru yang efektif dan berkarakter. 
b) Layanan Informasi, yaitu layanan BK yang membantu peserta didik menerima dan memahami berbagai informasi diri, sosial, belajar, karir/jabatan, dan  pendidikan lanjutan secara terarah, objektif dan bijak. 
c) Layanan Penempatan dan Penyaluran adalah layanan BK yang membantu peserta didik memperoleh penempatan dan penyaluran yang tepat di dalam kelas, kelompok belajar, jurusan/ program studi, program latihan, magang, dan kegiatan ekstra kurikuler secara terarah, objektif dan bijak. 
d)  
e) Layanan Penguasaan Konten adalah suatu layanan BK yang fokusnya memberikan bantuan kepada peserta didik menguasai konten-konten tertentu, terutama kompetensi dan atau kebiasaan dalam melakukan, berbuat atau mengerjakan sesuatu yang berguna dalam kehidupan di sekolah/madrasah, keluarga, dan masyarakat sesuai dengan tuntutan kemajuan dan berkaraktercerdas yang terpuji, sesuai dengan potensi dan peminatan dirinya.
f) Layanan Bimbingan Kelompok adalah jenis layanan BK yang menolong peserta didik dalam pengembangan pribadi, kemampuan hubungan sosial, kegiatan belajar, karir/jabatan, dan pengambilan keputusan, serta melakukan kegiatan tertentu sesuai dengan tuntutan karakter yang terpuji melalui dinamika kelompok. 
g) Layanan Konseling Kelompok adalah jenis layanan BK yang menolong peserta didik dalam pembahasan dan pengentasan masalah yang dialami sesuai dengan tuntutan karakter-cerdas yang terpuji melalui dinamika kelompok. 
h) Layanan Konsultasi adalah jenis layanan BK yang menolong peserta didik dan atau pihak lain dalam mendapatkan wawasan, pemahaman, dan cara-cara atau perlakuan yang perlu dilakukan kepada pihak ketiga sesuai dengan tuntutan karakter cerdas yang terpuji. 
i) Layanan Mediasi adalah jenis layanan BK yang menolong peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan dan memperbaiki hubungan dengan pihak lain sesuai dengan tuntutan karakter-cerdas yang terpuji.
Inilah sembilan jenis layanan BK yang wajib diketahui. terutama bagi guru, agar kegiatan Bimbingan dan konseling (BK) dapat memberikan layanan yang optimal kepada peserta didik.

Informasi Terbaru

Back To Top