Pembuatan Bahan Ajar Menggunakan TIK

Info Kuipper School.
Peran guru TIK dalam kurikulum 2013 adalah sebagai fasilitator terhadap guru dalam penggunaan Teknologi Informasi dan komunikasi dalam kegiatan pembelajaran.

Sebelum memahami lebih jauh mempelajari bagaimana mengembangkan bahan ajar berbasis TIK, maka alangkah baiknya kita memahami dulu apa itu teknologi informasi dan Komunikasi (TIK),

Istilah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) atau dalam bahasa inggrisnya Information and Communication Technologies/ICT) adalah seluruh peralatan untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK terdiri dari dua aspek yaitu Teknologi informasi mencakup semua hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah semua hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu guna mengolah dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke perangkat lainnya.

Penggunaan ICT/TIK dalam dunia pendidikan sudah menjadi bagaian dari rencana strategis Kementerian Pendidikan dalam meningkatkan mutu dan pemerataan pendidikan khususnya program pendidikan wajib belajar pendidikan dasar 9 tahun.

Penggunaan TIK dalam Bembelajaran

Hal ini sesuai dengan besarnya potensi ICT dalam dunia pendidikan diantaranya adalah:
  • —Memperluas kesempatan belajar 
  • Meningkatkan kualitas mengajar 
  • Meningkatkan kualitas belajar 
  • —Memfasilitasi pembentukan keterampilan 
  • —Mendorong belajar sepanjang hayat berkelanjutan 
  • —Meningkatkan perencanaan kebijakan dan manajemen 
  • —Mengurangi kesenjangan digital
Dengan potensinya yang begitu besar TIK bagi pendidikan, seorang pendidik sudah seharusnya dapat menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kegiatan pembelajarannya. Guru pda satuan pendidikan dapat berkonsultasi dengan Guru TIK untuk SMP dan SMA atau Guru KKPI untuk jenjang SMK.

Secara lengkap apa dan bagaimana Penggunaan ICT dalam Pembuatan dapat di Download disini.

Informasi Terbaru

Back To Top