Lima Jenis Program Layanan Bimbingan dan Konseling

Info Kuipper School.
Layanan Bimbingan dan konseling akan berhasil jika memiliki program, dalam satu tahun pelajaran seorang guru BK atau Konselor harus menyusun program secara lengkap.

Berikut ini adalah jenis-jenis program layanan Bimbingan dan Konseling selama satu tahun pelajraan berdasarkan waktu pelaksanaannya:
  1. Program Harian adalah program pelayanan BK yang dilaksanakan pada hari-hari tertentu dalam satu minggu. Program harian merupakan penjabaran dari program mingguan dalam bentuk Satuan Layanan (SATLAN) atau Rencana Program Layanan (RPL) dan/atau Satuan Kegiatan Pendukung (SATKUNG) atau Rencana Kegiatan Pendukung (RKP) pelayanan BK. 
  2. Program Mingguan adalah program pelayanan BK meliputi seluruh kegiatan selama satu minggu yang merupakan jabaran program bulanan. 
  3. Program Bulanan, yaitu program pelayanan BK meliputi seluruh kegiatan selama satu bulan yang merupakan jabaran program semesteran. 
  4. Program Semesteran, yaitu program pelayanan BK meliputi seluruh kegiatan selama satu semester yang merupakan jabaran program tahunan. 
  5. Program Tahunan, yaitu program pelayanan BK meliputi seluruh kegiatan selama satu tahun ajaran untuk masing-masing kelas (rombongan belajar) pada satuan pendidikan.
Semua perangkat tersebut harus disusun oleh para pelaksana Bimbingan dan Konselor di satuan pendidikan yang biasanya terdiri dari guru BK atau Konselor agar dapat memfasilitasi peserta didik secara sistematik, terprogram dan kolaboratif untuk mampu mandiri dalam menghadapi berbagai permasalahan kehidupannya.

Informasi Terbaru

Back To Top