Model Pembelajaran Seni Budaya Dalam Kurikulum 2013

Info Kuipper School.
Mata Pelajaran Seni Budaya dalam kurikulum 2013 diajarkan dengan tujuan untuk menumbuhkembangkan kepekaan rasa estetik dan artistik, sikap kritis, apresiatif, dan kreatif pada diri setiap peserta pendidik secara menyeluruh.

Ruang lingkup mata pelajaran Seni Budaya dalam kurikulum 2013 tingkat SMA terdiri dari 4 aspek yaitu: (1) Aspek Seni Rupa, (2) Aspek Seni Musik, (3) Aspek Seni Tari, dan (4) Aspek Seni Teater. Alokasi waktu yang diberikan dalam tiap minggunya sebanyak 2 Jam Pelajaran dengan masing-masing dengan lama tiap jamnya 45 menit.

4 aspek yang tersedia dalam silabus dan buku pegangan guru dan siswa, tidak lantas diajarkan seluruhnya kepada siswa, akan tetapi sekolah hanya diwajibkan memberikan dua aspek saja. Pemilihan dua aspek yang akan diajarkan harus disesuaikan dengan situasi dan kondisi sekolah, misalnya Sumber Daya Manusia dan Prasarana yang ada.

Salah satu ciri proses pembelajaran dalam kurikulum 2013 adalah menggunakan pendekatan saintifik pada setiap model pembelajarannya, begitupun dengann mata pelajaran seni budaya diberikan dalam dua model pembelajran yaitu model Pembelajaran Inkuiri (Inquiry Learning) dan model pembelajaran berbasis proyek (Project Base Learning).

Model pembelajaran inkuiri (Inquiry Learning) dan pembelajaran berbasis masalah (Project Base Learning) dengan pendekatan saintifik harus termuat dalam penyusunan perangkat pembelajaran khususnya dalam Rencana Pelakasanaan Pembelajaran (RPP) yang wajib disusun oleh setiap pendidik.

Silabus secara lengkap berdasarkan lampiran Permendikbud nomor 59 tahun 2014 tentang Kurikulum SMA mata pelajaran Seni Budaya dan di download pada link yang tersedia berikut ini. Semoga bermanfaat.
Download Silabus Seni Budaya Kelas X, Kelas XI, Kelas XII 

Informasi Terbaru

Back To Top