Penyempurnaan KD Mata Pelajaran Kurikulum 2013 Tahun 2015

Info Kuipper School.

Sejak awal tahun 2015 Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemdikbud membuka kesempatan pada publik untuk menyampaikan aspirasi terkait Kurikulum 2013 melalui berbagai macam media.

Sejalan dengan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam melakukan penyempurnaan Kurikulum 2013 tersebut, maka berbagai ragam pihak telah memberikan aspirasinya baik dari para pegiat pendidikan, akademisi, dan juga para praktisi pendidikan.

Berbagai masukan dan aspirasi tersebut kemudian memperkaya proses penyempurnaan Kurikulum 2013 sehingga pelaksanaannnya akan lebih efektif untuk diimplementasikan disatuan pendidikan.

Merujuk pada analisa yang telah dilakukan terhadap berbagai aspirasi yang masuk, maka dapat disimpulkan bahwa sesungguhnya Kurikulum 2013 merupakan panduan yang baik untuk mengarahkan kegiatan belajar dan mengajar menjadi proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Namun walaupun demikian, masih diperlukan penyempurnaan di Kurikulum 2013 agar tujuan tersebut bisa tercapai sesuai harapan.

Secara ringkas, penyempurnaan yang dilakukan pada struktur Kompetensi Dasar (KD) pada Kurikulum 2013 adalah:

1. Perubahan mendasar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Matematika. Misalnya, mata pelajaran Bahasa Indonesia yang sebelumnya menggunakan pendekatan pendekatan teks disempurnakan menjadi perpaduan pendekatan teks dan komunikatif yang berdampak pada perubahan kompetensi dasar (KD) mata pelajaran.

2. Penyempurnaan KD terjadi pada setiap mata pelajaran. Beberapa jenis penyempurnaan KD adalah keluasan dan kedalaman ruang lingkup KD, perbaikan urutan KD, dan penyempurnaan rumusan KD.

Hingga saat ini, Puskurbuk sudah telah menyelesaikan beberapa Draft perbaikan pada struktur KD untuk mata pelajaran tertentu di kelas I-XII, yang dapat diunduh di http://bit.ly/1TG7h6s .

Untuk dapat memberikan atau menyampaikan masukan terhadap dokumen tersebut, dapat dilakukan dengan mengikuti ketentuan sebagai berikut:
  1. Masukan ditulis secara ringkas mengacu kepada draft dokumen terbaru disertai dengan landasan berpikir yang jelas.
  2. Masukan dikirim ke kurikulum@puskurbuk.net paling lambat tanggal 30 Agustus 2015, perihal: “Masukan KD".
  3. Masukan dapat diserahkan atas nama individu/kelompok atau lembaga/asosiasi dengan disertai biodata penulis atau lembaga/asosiasinya.
Dengan adanya informasi ini, kita semua berharap semoga penyempurnaan ini dapat meningkatkan mutu Kurikulum 2013 dan membantu para pelaku pendidikan di sekolah untuk menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi peserta didik.

Untuk itu, Puskurbuk mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah memberikan aspirasi, masukan, serta rekomendasi terkait Kurikulum 2013. Semoga kerja sama seperti ini bisa terus berlanjut demi kemajuan pendidikan di Indonesia. Semoga bermanfaat (Sumber: Kemdikbud)

Informasi Terbaru

Back To Top