Petunjuk Penyelenggaraan Seragam Anggota Gerakan Pramuka

Info Kuipper School.
Sesuai dengan definisinya pakaian seragam anggota gerakan pramuka pakaian seragam pramuka adalah pakaian yang dikenakan oleh semua anggota Gerakan Pramuka yang bentuk, warna, dan tata cara pemakaiannya ditentukan oleh Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. 

Seragam pramuka secara umum dibagi menjadi Pakaian Seragam Harian, Pakaian Seragam Kegiatan, Pakaian Seragam Upacara dan Pakaian Seragam Khusus adalah pakaian yang dikenakan secara khusus

Lambang Garakan Pramuka

Sebagaimana layaknya pakaian seragam, maka pakaian seragam pramuka memiliki fungsi dan tujuan yaitu sebagai sarana pendidikan dan identitas untuk meningkatkan citra gerakan pramuka dan bertujuan agar seluruh anggota Gerakan Pramuka yang mengenakannya berakhlak sesuai Satya dan Darma Pramuka, memiliki jiwa korsa, dan berdisiplin.  Oleh sebab itu pengetahuan akan ketentuan atau aturan mengenai pakaian seragam pramuka harus diketahui dengan pasti agar seluruh anggota gerakan pramuka memahami dan menerapkan aturan tentang pedoman penggunaan seragam pramuka.

Selain itu, pramuka merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler yang wajib diterapkan disekolah maka penyelenggaraan pendidikan kepramukaan di sekolah tidak akan terlepas dari seluruh aspek termasuk seragam kepramukaan.


Petunjuk penyelenggaraan seragam pramuka diatur oleh peraturan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor : 174 Tahun 2014, yang merupakan pedoman yang resmi memuat secara rinci mengenai seragam anggota gerakan pramuka.

Secara lengkap dapat anda download pada link berikut: Petunjuk Penggunaan Seragam Anggota Gerakan Pramuka




Informasi Terbaru

Back To Top