Pedoman Pengajuan PIP-BSM SMK dan Pertanian/Kemaritiman 2015

Info Kuipper School.
Salah satu permasalahan dunia pendidikan di tanah air adalah masih tingginya angka putus sekolah terutama pendidikan menengah. tingginya angka anak putus sekolah disebabkan oleh faktor ekonomi hal ini dapat dibuktikan berdasarkan data survey SUSENAS BPS 2010 yang mengungkapkan bahwa bahwa 75,7% angka putus sekolah disebabkan oleh faktor ekonomi (alasan ekonomi), baik karena tidak memiliki biaya (67%), maupun karena anak harus bekerja (8,7%).

Pemerintah menyadari fenomena ini bahwa masyarakat miskin tidak akan mampu melanjyutkan pendidikan ke jenjang menengah jika tidak dibantu oleh pemerintah, oleh sebab itu dikeluarkanlah berbagai kebijakan yang berpihak kepada golongan masyarakat dalam kategori miskin (pro poor policy) dengan tujuan meningkat akses masyarakat miskin untuk dapat menyekolahkan anak-anaknya 

Untuk jenjang pendidikan Menengah Kejuruan (SMK) pemerintah memberikan prioritas kepada dua golongan yaitu siswa yang memiliki KPS/KKS/KIP serta Siswa yang sedang menempuh pendidikan di SMK Rumpun Pertanian dan Pelayaran/Kemaritiman.

Program ini diperuntukan kepada 527.689 Siswa SMK dengan besaran dana yang diberikan sebesar Rp. 1.000.000/siswa/tahun, dengan pengambilan data berdasarkan aplikasi dapodikmen.

Danan yang diterima oleh siswa dapat sepenuhnya digunakan untuk membantu keperluaan pribadi siswa, antara lain untuk membiayai hal-hal berikut:
  1. Buku dan alat tulis sekolah;  
  2. Pakaian dan perlengkapan sekolah : (sepatu, tas, dll);
  3. Transportasi siswa ke sekolah;
  4. Uang saku siswa ke sekolah;
  5. Iuran bulanan sekolah.
Upaya pemerintah ini akan berjalan dengan sukses jika semua stakeholder melaksanakan program ini dengan komitmen yang  kuat dengan prinsip yang akuntabel dan transparan, serta mengikuti semua ketentuan sesuai dengan petunjuk teknis yang telah dikeluarkan oleh Dit PSMK. semoga bermanfaat
Dowonload: Petunjuk Teknis Penyaluran BSM/PIP SMK dan Pertanian/Kemaritiman 2015

Informasi Terbaru

Back To Top