Inilah Petunjuk Teknis Pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tahun 2015

Info Kuipper School. Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat ini telah mengantarkan umat manusia ke era kompetisi global di berbagai bidang kehidupan. Era kompetisi global melahirkan tantangan pada berbagai aspek kehidupan umat manusia, tidak terkecuali pada bidang pendidikan. Pendidikan pada era ini harus mampu mempersiapkan sumber daya manusia yang berkarakter kuat, jujur, kokoh, tahan uji, kompetitif, serta memiliki kemampuan yang handal di bidangnya. Realisasi pendidikan yang berorientasi pada peningkatan kemampuan berpikir logis, kritis, sistematis, dan kreatif merupakan hal mutlak untuk dimiliki setiap peserta didik dalam menghadapi tantangan di era kompetisi global.

Kompetisi Sains Madrasah (KSM) diharapkan mampu memupuk motivasi siswa untuk terus mencintai dan bergairah mempelajari bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Setelah memiliki dan mengamalkan ajaran agama Islam yang kuat dan menjadi panutan bagi yang lainnya, sebagai anak bangsa yang baik dan berakhlakul karimah, diharapkan setiap siswa madrasah mampu membangun bangsa khususnya di bidang IPTEK yang semakin hari semakin tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat saat ini.

Secara umum Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tahun 2015 bertujuan untuk peningkatkan mu tu pendidikan Sains di madrasah secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya belajar, kreativitas, dan motivasi meraih prestasi terbaik dalam ridha Allah SWT dengan kompetisi yang sehat dan menjunjung tinggi sportivitas dan nilai-nilai Islam dalam mempelajari dan memahami sains.
Secara khusus tujuan KSM tahun 2015 adalah sebagai berikut:
  1. Menyediakan wah an a bagi siswa Madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains sehingga dapat menumbuhkan dan mencintai sains bagi siswa madrasah.
  2. Memotivasi siswa madrasah agar selalu meningkatkan kemarnpuan inte1ektual, emosional, dan spriritual berdasarkan nilai-nilai agarna.
  3. Menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat dikalangan siswa Madrasah.
  4. Memberikan kesempatan yang sarna bagi siswa madrasah dalarn belajar, berkreatifitas dan berprestasi. 
  5. Peserta KSM adalah siswa dan siswi madrasah tingkat MI, MTs, dan MA yang berasal dari seluruh provinsi Indonesia (33 Kanwil Kemenag Provinsi) dan masih terdaftar sebagai siswa Zi pada saat pelaksanaan KSM. Perwakilan tiap propinsi terdiri dari 1 siswa per mata pelajaran yang dilombakan untuk setiap tingkat MI, MTs, dan MA.
Syarat dan Ketentuan peserta KSM adalah sebagai berikut   :
  1. Siswa yang mengikuti KSM adalah siswa yang sah dan terdaftar secara resmi di madrasah, dibuktikan dengan kartu pelajar dan surat keterangan kepala madrasah serta raport terakhir.
  2. Siswa Madrasah Ibtidaiyah kelas 4, 5, dan 6, Madrasah Tsanawiyah kelas 7, 8 dan 9, Madrasah Aliyah kelas 10, 11 dan 12 pada tahun pelajaran 2015/2016.
  3. Hanya mengikuti satu bidang lomba, dan siswa yang sudah pemah mendapatkan medali emas tidak diizinkan untuk mengikuti bidang lomba yang sarna untuk tahun berikutnya.
Bidang  Yang  Dilombakan dalam KSM diantaranya adalah sebagai berikut:
Bidang KSM
Untuk Materi yang dilombakan adalah sebagai berikut:
Materi KSM
Bentuk Tes teori akan disesuaikan dengan silabus KSM yang mengacu pada stan dar silabus SO/MI, SMP/MTs, dan MA/SMA nasional. KSM akan menguji tiga aspek, yakni
  1. Proses sains dan kemampuan berfikir
  2.  Konsep dan pengetahuan sains
  3. Kemampuan dalam aplikasi sains dan teknologi
Eksperimen / Eksplorasi
Eksperimen/Eksplorasi akan menguji kemampuan siswa/I dalam mendesain, menganalisis, memecahkan masalah, dan mengenali hubungan sebab akibat antara gejala/ sebab akibat yang sifatnya lebih mengarah ke aspek praktikal.
Baca Juga : Materi Pelatihan dan Besaran Dana Subsidi Yang Diterima Peserta Pelatihan Tata Kelola BOS SMP Tahun 2015
Sekian dan Terima Kasih Semoga Bermanfaat!!

Informasi Terbaru

Back To Top