Inilah Petunjuk Agar Sekolah Menerima Dana Bantuan SMK Dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat

Info Kuipper School.
Keberadaan atau eksistensi SMK sekarang sudah semakin dirasakan oleh masyarakat karena dengan berbagai prestasi yang diraihnya, para peserta didik SMK bukan hanya meraih prestasi tingkat nasional tapi sudah mencapai tingkat regional bahkan tingkar internasional.

Berbagai prestasi siswa SMK harus juga diketahui oleh masyarakat disekitar lokasi sekolah terutama dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat agar masyarakat dapat mandiri, berdikari dalam segala bidang setiap sendi kehidupan.

Pemberdayaan masyarakat dalam bentuk pemberian bantuan berupa materi bukan sebuah solusi yang mendidik, tetapi pemberdayaan masyarakat dengan memberikan kecakapan hidup (life skills) akan lebih bermanfaat dan memberikan solusi jangka panjang terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Berbagai strategi yang dapat dilakukan dalam pelaksanaan kegiatan pemberdayaan masyarakat oleh SMK dengan memperhatikan best practice dan bright spot yang dimiliki SMK serta expertice (kebisaan) yang dimiliki sekolah. beberapa kegiatan yang dapat dilakukan dalam pemberdayaan masyarakat dapat diaplikasikan dalam bentuk:
  • Pelatihan kegiatan produksi;
  • Kegiatan  pelatihan pelayanan jasa
  • Pendampingan terhadap kegiatan usaha masyarakat untuk peningkatan kualitas dan produktivitas;
  • Pemberian peralatan hasil pembelajaran siswa dikombinasikan dengan pelatihan pengelolaan dan pemanfaatannya
Untuk menunjang kegiatan pemberdayaan masyarakat oleh SMK, pemerintah menggulirkan program berupa Bantuan SMK dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat, program ini dibagikan kepada SMK yang memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

Agar program ini dapat berjalan dengan maksimal dan mencapat target sesuai dengan yang diharapkan maka pemerintah dalam hal ini Ditjen Pembinaan SMK, mengeluarkan petunjuk Teknis sebagai rujukan bagi seluruh stakeholder terkait dari atas sampai ke bawah dalam rangka kegiatan Pemberian Bantuan Untuk SMK dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Tahun 2015..
Download: Juknis Bantuan SMK Dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat

Informasi Terbaru

Back To Top