Inilah Kriteria Siswa Miskin Yang dibebaskan atau diberikan Keringanan Dari Tagihan Biaya Sekolah Melalui BOS SMA Tahun 2015

Info Kuipper School.Program BOS SMAmerupakan salah satu program utama (icon) pemerintah yang bertujuan mendukung keberhasilan rintisan program Wajib Belajar 12 Tahun.Seluruh stakeholder pendidikan wajib memperhatikan pentingnya program BOS SMA yaitu:
  • Memberikan kesempatan yang setara (equal opportunity) bagi siswa miskin untuk  mendapatkan layanan pendidikan menengah yang terjangkau dan bermutu. 
  • Merupakan sarana penting untuk meningkatkan akses layanan pendidikan  menengah yang terjangkau dan bermutu
  • Mempersempit gap angka partisipasi sekolah antar kelompok penghasilan (kaya‐ miskin), dan antar wilayah (kota‐desa). 
  • Menyediakan sumber dana bagi sekolah untuk mencegah siswa miskin putus  sekolah karena tidak mampu membayar iuran sekolah dan biaya ekstrakurikuler sekolah.
  • Mendorong dan memberi kan moti vasi kepada pemeri ntah daerah serta masyarakat yang mampu, untuk memberikan subsidi kepada siswa miskin (subsidi silang). 
Kriteria siswa miskin sangat bervariasi dan melekat pada kondisi demografi. Hal tersebut dikarenakan adanya perbedaan ukuran miskin berdasarkan kondisi daerah dan kondisi sekolah masing‐masing. Sebagai contoh siswa miskin di sekolah "A" belum tentu miskin di sekolah "B" dan sebaliknya. Oleh karena itu, kriteria siswa miskin yang dibebaskan dan/atau diberikan keringanan melalui BOS SMA menjadi kewenangan (diskresi) sekolah sesuai dengan konsep MBS. Namun demikian sekolah tetap harus memperhatikan kriteria siswa miskin dan faktor lainnya yaitu:
  1. Biaya pendidikan persiswa;
  2. Jumlah siswa miskin;
  3. Dana BOS yang diterima sekolah;
  4. Siswa yang termasuk dalam Program Indonesia Pintar (PI P), siswa yang berasal dari rumah tangga pemegang Kartu Perlindungan Sosial (KPS) atau Program Keluarga Harapan (PKH); 
  5. Siswa yang terancam putus sekolah karena tidak mampu membayar tagihan biaya sekolah dan/atau;
  6. Siswa yang tingkat kemampuan ekonomi orangtuanya paling rendah di sekolah. 
Dalam hal kemampuan ekonomi orang tua siswa di suatu sekolah dipandang secara keseluruhan mampu/kaya, maka sekolah wajib mengidentifikasi dan merekrut siswa miskin yang mempunyai minat dan kemampuan untuk mengikuti pendidikan di sekolah yang bersangkutan.
Baca Juga : inilah Dokumen / Berkas Yang Harus di Bawa Sekolah Ke Bank Penyalur Untuk Pengambilan/Pencairan Dana Bos SMA Tahun 2015
Baca Juga :  Entri Data di Aplikasi Dapodikmen Menentukan Ketepatan Alokasi Dana BOS SMA Periode Juli – Desember 2015
Sekian dan Terima Kasih Semoga Bermanfaat!!!
Tag: #BOS, #SMA

Informasi Terbaru

Back To Top