Inilah Berkas / Dokumen Yang Harus di Persiapkan Oleh Peserta Sertifikasi Guru Dalam Jabatan Yang Memilih Pola PLPG Tahun 2015

Info Kuipper School. Pelaksanaan Sertifikasi Guru pada tahun 2015 ini merupakan tahun kesembilan sejak diterbitkannya Undang - Undang Nomor 14 Tahun 2005. Berbagai perbaikan dan peningkatan dilakukan untuk memberikan jaminan bahwa hasil yang diperoleh memberikan manfaat yang besar terhadap proses pembelajaran.

Pelaksanaan tahun ini mengalami perubahan yang mendasar antara lain menyangkut mekanisme registrasi dan mekanisme penyelenggaraan sertifikasi, penataan ulang substansi pelatihan, strategi pembelajaran, dan sistem penilaian pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 11 tahun 2011, guru dalam jabatan yang telah memenuhi persyaratan dapat mengikuti sertifikasi melalui salah satu dari pola berikut: 
  1. Pemberian Sertifikat
  2. Pendidik secara Langsung (P5PL), (2) 
  3. Portofolio (PF), (3) Pendidikan dan
  4. Latihan Profesi guru (PLPG), atau (4) 
  5. Pendidikan Profesi guru (PPG).
Bagi guru berkualifikasiS-1/D-IV atau belum S-I/D-IV tetapi sudah berusia 50 tahun dan memiliki masa kerja 20 tahun, atau sudah mencapai golongan IV/a dapat memilih pola penilaian portofolio (PF) atau pendidikan dan latihan prafesi guru (PLPG). Sertifikasi pola PLPG diperuntukkan bagi guru yang langsung memilih pola ini karena tidak memiliki prestasi dan kesiapan diri atau mereka yang mengikuti pola PF, akan tetapi tidak lulus tes awal, atau tidak mencapai passing grade penilaian PF, atau tidak lulus verifikasi portofolio (TLVP), atau ikut PSPL, akan tetapi tidak memenuhi persyaratan (TMP).

dan bagi guru berkualifikasi akademik S-2/S-3 dengan golongan sekurang-kurangnya IV Ib atau guru dengan golongan serendah-rendahnya IV 1c mengikuti sertifikasi melalui pola pemberian sertifikat pendidik secara langsung (PSPL). Jika dokumen yang diverifikasi oleh LPTK memenuhi syarat, maka dia berhak mendapatkan sertifikat. Jika tidak maka, dia ikut PLPG dengan didahului oleh uji kompetensi awal.

Aktivitas umum yang harus dilakukan oleh guru RA/ Madrasah yang ditetapkan sebagai Peserta Sertifikasi bagi guru dalam Jabatan Tahun 2015:
  • Mengingat bahwa yang menjadi database sumber pada aplikasi AP25G adalah PADAMU NEGERI, maka guru harus segera melakukan perbaikanperbaikan (updating data) yang diperlukan. Termasuk perbaikan jenjang pendidikan, mengingat jenjang pendidikan peserta sertifikasi guru 2015 wajib S-1.
  • Bagi guru yang datanya belum tersedia pada pogram PADAMUNEGERIharus segera melakukan pendataan secara online pada program PADAMUNEGERI;
  • Bagi guru yang datanya belum lengkap segera melakukan updating data melalui AP25G secara online ke PADAMUNEGERIjika masih ada data yang harus diperbaiki;
Selain aktivitas umum di atas, peserta sertifikasi guru dalam jabatan yang memilih pola PLPG harus menyiapkan berkas berupa:
  1. Fotokopi ijazah S-1I D-IV, serta fotokopi ijazah S-2 dan I atau S-3 (bagi yang memiliki) yang telah dilegalisasi.
  2. Fotokopi SK sebagai guru, mulai SK pengangkatan pertama hingga SK terakhir yang disahkan oleh atasan langsung/pejabat terkait.
  3. Fotokopi SK pangkat terakhir (bagi guru PNS) yang dilegalisasi oleh atasan langsung/pejabat terkait.
  4. Fotokopi SKmengajar (SK pembagian tugas mengajar) dari kepala madrasah yang dilegalisasi oleh atasan
Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat!!!

Informasi Terbaru

Back To Top