10 Langkah Menumbuhkan Minat Baca Anak Oleh Orang Tua

Info Kuipper School.
Meskipun sekolah adalah lembaga formal tempat anak menempuh pendidikan, namun sebagian besar waktu yang dimiliki anak adalah bersama lingkungan keluarganya, oleh sebab itu agar proses dalam meningkatkan minat baca peserta didik memerlukan kerjasama dari berbagai pihak, pemerintah, sekolah, guru dan orang tua.
Baca: 7 Langkah Mudah Menumbuhkan Minat Baca Peserta Didik 
Agar proses peningkatan minat baca dapat berjalan dengan efektif, selain guru yang kreatif, kurikulum yang mendukung tempat atau saran yang tersedia dan mudah dijangkau juga diperlukan beberapa langkah mudah yang dapat dilakukan oleh orang tua agar dapat menjadikan anak-anaknya gemar membaca:
  1. Temani anak anda dalam kegiatan membaca buku sebagai aktivitas rutin harian walaupun sebentar.
  2. Sediakan berbagai buku dan majalah sebagai sumber bacaan, sesuaikan dengan tingkatan umur dan pilihlah desain cover yang menarik, letakan buku pada berbagai tempat dengan posisi yang mudah dilihat dan dapat dijangkau dengan mudah bukan hanya diruang perpustakaan keluarga saja, tetapi dapat juga ditempat tidur, ruang keluarga, dll
  3. Sediakan waktu membaca untuk seluruh anggot keluarga, misalnya pada malam hari pada saat seluruh keluarga masih berkumpul. kegiatan ini akan memaksa anak bahwa orangtunya pun masih suka membaca.
  4. Memberikan sokongan dan semangat pada setiap aktivitas membaca anak, dan sisipkan kebiasaan untuk mengisi aktivitas antar waktu untuk membaca seperti saat dikendaraan atau menunggu antrian dokter.
  5. Memantau kemampuan membaca anak, untuk langkah ini dapat dilihat dari nilai capaian mereka pada raport disekolahnya 
  6. Menemani dan membiasakan ke perpustakaan. langkah ini dapat diambil jika terdapat perpustakaan yang dapat dijangkau, atau dapat pula dengan mengontrol kartu kunjungan perpustakaan sekolah
  7. Pada anak usia didni orang tua harus memperhatikan dengan jeli kesulitan yang dimiliki anak dalam membaca buku misalnya, kesulitan melafalkan kata tertentu, atau tidak mengetahui makna kata sehingga orang tua dapat fokus pada permasalahan yang ditemui oleh anak.
  8. Jika mendapatkan permasalahan yang serius yang dirasa tidak dapat dieselesaikan dalam meningkatkan kemampuan membaca, maka dapat meminta pertolongan pihak ketiga terutama guru di sekolahnya agar permasalahan dalam membaca dapat terselesaikan dengan segera.
  9. Terkadang memberikan bantuan dengan metode yang biasa-biasa saja tidak memberikan hasil yang positif oleh sebab itu berikan bantuan dengan berbgai alternatif, misalkan dlaam bentuk permainan.
  10. Hal terakhir yang terkadang dilupakan adalah, tunjukan secara nyata bahwa anda sangat antusias terhadap anak anda pada saat ia sedang membaca, semakin anda antusias maka semakin besar motivasi anak karena merasa bahwa ia diperhatikan apalagi sambil memberiakn reward tertentu apabila ia sudah selesai menamatkan buku bacaan dan mampu menyerap informasi dari buku yang ia telah baca.
Kemampuan membaca, dalam hal ini kemampuan dalam menyerap dan memahami informasi dari bacaan akan menentukan kesuksesan akademis seorang anak, dan kemampuan membaca akan dapat dilatih dengan meningkatkan minat baca.

Semoga langkah-langkah sederhana dalam menumbuhkan minat baca tersebut dapat diterapkan oleh orang tua atau dapat diinformasikan kepada orang tua siswa. Terima kasih

Informasi Terbaru

Back To Top