Sistematika Penyusunan dan Penulisan Isi Makalah dalam Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) Tingkat SMP Tahun 2015

Info Kuipper School. LPIR adalah suatu kegiatan penelitian siswa yang diarahkan pada pengembangan IPTEKS, dan ditulis dalam sebuah makalah ilmiah sebagai bahan penilaian
dalam kompetisi ilmiah.  Hasil yang diharapkan dari kegiatan LPIR 2015 adalah:
  1. Terwujudnya suasana akademik yang kondusif di  sekolah dan antar sekolah SMP melalui peningkatan kreativitas, inovasi, invensi yang tergabung dalam KIR Sekolah dan KIR antar sekolah (sekretariat bersama). 
  2. Terpilihnya sejumlah karya ilmiah terbaik hasil penelitian Ilmiah Remaja dari tiga bidang ilmu, yaitu: Bidang Ilmu Sosial, Kemanusiaan dan Seni; Bidang Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan serta Bidang Teknik dan Rekayasa.
Untuk Ketentuan Mengikuti Lomba LPIR diantaranya adalah sebagai berikut
  1. Peserta lomba diwajibkan melampirkan riwayat hidup, ditulis tangan atau diketik dan diketahui oleh kepala sekolah. Dalam daftar riwayat hidup agar dicantumkan alamat sekolah (kab/kota dan provinsi), beserta no. telp/fax/email yang mudah dihubungi. 
  2. Karya Ilmiah yang dikirimkan harus asli, ditambah tiga rangkap salinan/fotocopy. 
  3. Karya ilmiah yang dilombakan dapat disebarluaskan oleh panitia melalui media massa dengan mencantumkan nama penelitinya sebaga sumber data. 
Untuk Sistematika penelitian hendaknya berisi sebagai berikut 
Bagian Awal
  1. Halaman Judul
    a. Judul diketik menggunakan huruf kapital. Judul hendaknya ekspresif, sesuai dan tepat dengan masalah yang ditulis serta tidak membuka peluang penafsiran ganda.
    b. Nama penulis ditulis secara jelas.
    c. Nama dan alamat sekolah (SMP) 
  2. Lembar Pengesahan
    a. Lembar pengesahan memuat judul dan nama penulis
    b. Lembar pengesahan ditandatangani oleh guru pembimbing dan kepala sekolah lengkap dengan stempel sekolah.
    c. Lembar pengesahan diberi tanggal sesuai dengan tanggal pengesahan. 
  3. Kata Pengantar dari Penulis. Naskah harus diberi kata pengantar oleh penulis  dengan inti menceritakan tentang proses penulisan.
  4. Daftar isi dan daftar lain yang diperlukan seperti daftar gambar, daftar tabel dan daftar lampiran.
  5. Disertakan juga abstrak hasil penelitian 
Bagian Inti
  1. Pendahuluan Bagian Pendahuluan berisi hal-hal sebagai berikut:
    a. Latar belakang masalah memuat/mengangkat masalah yang menarik untuk diteliti.
    b. Perumusan Masalah.
    c. Tujuan dan manfaat penelitian. 
  2. Telaah Pustaka
    Telaah Pustaka Berisi Uraian yang menunjukkan landasan teori atau konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji/diteliti. 
  3. Metode Penelitian , Penulisan mengikuti metode penelitian dengan  menguraikan secara cermat cara/prosedur pengumpulan data dan informasi, analisis data dan prototype bagi teknik rekayasa 
  4. Hasil dan Pembahasan Analisis permasalahan didasarkan pada data dan informasi serta telaah pustaka untuk menghasilkan alternatif model pemecahan masalah atau gagasan kreatif. 
  5. Kesimpulan dan Saran Kesimpulan harus menjawab perumusan masalah yang dibuat peneliti. Kemudian memberikan saransaran sesuai kesimpulan hasil penelitian
Bagian Akhir
  1. Daftar Pustaka ditulis untuk memberikan informasi sehingga pembaca secara mudah menemukan sumber yang disebutkan. Penulisan daftar pustaka untuk buku dimulai dengan menulis nama pengarang, tahun penerbit, judul buku, tempat terbit, dan nama penerbit. Penulisan daftar pustaka untuk jurnal dimulai dengan nama penulis, tahun, judul tulisan, nama jurnal, volume dan nomor halaman. Penulisan daftar pustaka yang diperoleh dari internet ditulis alamat websitenya. 
  2. Daftar riwayat hidup (biodata) peserta minimal mencakup nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, karya-karya ilmiah yang pernah dibuat, penghargaan-penghargaan ilmiah yang pernah diraih. 
  3. Lampiran 
Persyaratan Penulisan
Naskah ditulis antara 15 sampai 25 halaman termasuk lampiran foto, gambar, foto gambar teknik, denah, grafik. Jumlah halaman yang tidak sesuai dengan ketentuan tersebut dapat mengurangi penilaian.  Ditulis dalam Bahasa Indonesia baku, tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan, sederhana, jelas, satu kesatuan, menggunakan istilah yang mudah dimengerti, dan tidak menggunakan singkatan seperti tdk, tsb, dgn, dan lain-lain.

Pengetikan
  1. Tata Letak
    a. Makalah diketik 1.5 spasi pada kertas ukuran A4/kwarto (font 12, Roman Time Style)
    b. Batas pengetikan
    1) Margin kiri 4 cm
    2) Margin kanan 3 cm
    3) Margin atas 3 cm
    4) Margin bawah 2 cm
    c. Jarak Pengetikan, bab, sub bab, dan perincian
    1) Jarak pengetikan antara bab dan sub-bab, 3 spasi dan kalimat dibawahnya, 2 spasi.
    2) Judul bab di ketik ditengah-tengah dengar  huruf kapital dan dengan jarak 4 cm dari tepi atas tanpa garis bawah.
    3) Judul sub-bab ditulis mulai dari sebelah kiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf kapital, kecuali kata-kata seperti, yang, dari, dan.
    4) Judul anak sub-bab ditulis mulai dari sebelah kiri dengan indensi 5 (lima) ketukan yang diberi garis bawah. Huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf kapital, kecuali kata-kata tugas.
    5) Jika masih ada sub judul dalam tingkatan yang lebih rendah, ditulis seperti butir (3) di atas, lalu diikuti oleh kalimat berikutnya. 
  2. Pengetikan Kalimat
    Alinea baru diketik sebaris dengan baris di atasnya  dengan jarak 2 spasi. Pengertian kutipan langsung lebih dari 3 baris diketik 1 spasi menjorok ke dalam dan semua tanpa diberi tanda petik. 
  3. Penomoran Halaman
    a. Bagian pendahuluan yang meliputi halaman  judul, nama/daftar anggota kelompok, kata pengantar dan daftar isi memakai angka Romawi kecil dan diketik sebelah kanan bawah (i, ii, dan seterusnya).
    b. Bagian tubuh/pokok sampai dengan bagian penutup memakai angka arab dan diketik dengan jarak 3 cm dari tepi kanan dan 1,5 dari tepi atas (1.2.3 dan seterusnya). Nomor halaman pertama dari tiap bab tidak ditulis tetapi tetap diperhitungkan.
    Warna Sampul makalah: Untuk tiap bidang ilmu warna sampul makalah:
    a. Ilmu Pengetahuan Sosial, Kemanusiaan,  dan Seni. : Kuning
    b. Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan : Biru
    c. Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa : Merah
Baca Juga :Persyaratan Peserta Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) Tingkat SMP Tahun 2015
Sekian dan Terima Kasih Semoga Bermanfaat!! 
Tag: #KIR, #LPIR, #SMP

Informasi Terbaru

Back To Top