PNS Otomatis Akan Naik Pangkat Tiap Empat Tahun Mulai Tahun 2015

Info Kuipper School. Kabar gembira kembali kami hadirkan untuk anda. Kali ini tentang kenaikan pangkat PNS yang mulai tahun ini akan naik pangkat secara otomatis setiap empat tahun. Semua PNS secara otomatis akan naik pangkat setiap empat tahun sekali tanpa harus melalui mekanisme pengusulan seperti yang diterapkan sebelumnya.

Hal ini sebagaimana diberitakan di setgab.go.id bahwa Badan Kepegawaian Negara (BKN) memutuskan untuk mengubah mekanisme kenaikan pangkat bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS). 

Pengubahan dalam mekanisme untuk kenaikan pangkat tersebut dilakukan demi mewujudkan reformasi birokrasi khususnya dalam bidang kepegawaian. Peraturan tersebut akan diberlakukan mulai tahun ini. Demikian seperti yang disampaikan oleh Wakil Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Aria Wibisana.

Bima kemudian melanjutkan bahwa dengan adanya mekanisme yang baru ini, para PNS tidak perlu lagi disibukan untuk mengusulkan kenaikan pangkat. Sebab, setiap empat tahun BKN akan mengusulkan daftar nama nama pegawai yang sudah dianggap layak untuk naik pangkat ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Kemudian untuk selanjutnya, BKD akan memberikan konfirmasi perihal kinerja dan perilaku para PNS yang diusulkan naik pangkat tersebut. Jika tidak bermasalah dalam kinerja dan perilakunya, maka kenaikan pangkatnya bisa langsung diproses.

Aturan ini dianggap jauh lebih efektif jika dibandingkan dengan mekanisme lama di mana para PNS yang hendak naik pangkat harus terlebih dahulu mendapatkan rekomendasi langsung dari atasannya. Lalu kemudian, atasannya tersebutlah yang akan mengajukan ke BKD dan untuk kemudian diproses. Dalam mekanisme lama tersebut kerap kali memakan waktu yang cukup lama berbulan-bulan bahkan bisa sampai tahunan.

Oleh karena itu, BKN melakukan inisiatif dan menyusun mekanisme baru agar masalah kenaikan pangkat ini bisa dilakukan secara otomatis. Jadi tidak perlu lagi repot mengusulkan kenaikan pangkat, apalagi sampai mengalami masalah dan keterlambatan.

Informasi Terbaru

Back To Top