Petunjuk Pemberian Skor dan Pengolahan Hasil pada Kegiatan PKPS

Info Kuipper School.
Penilaian Kinerja (performace assesment) pengawas Sekolah (PKPS) merupakan kegiatan penilaian terhadap tiap butir kegiatan tugas utama pengawas sekolah dengan maksud untuk menjaga profesionalitas, pembinaan karir, peningkatan kompetensi, dan juga pemberian tunjangan profesi pengawas sekolah.
 
Salah satu tahapan yang penting dari kegiatan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah adalah Pelaksanaan Penilaian yang dilaksanakan melalui petunjuk penilaian yang harus diketahui oleh Asesor maupun pengawas sekolah yang akan dilakukan penilaian, yaitu:

  • Penilaian kinerja pengawas sekolah merupakan kegiatan penilaian yang berbasis bukti.
  • Bukti yang terkumpul berupa data, dokumen, perilaku dan lain-lain yang dapat diidentifikasi oleh kegiatan penilaian melalui proses kegiatan pengkajian, kegiatan pengamatan, dan kegiatan penggalian informasi dari pihak yang terkait.
  • Penilai mencatat bukti yang teridentifikasi lalu mencocokkannya pada instrumen dari setiap kriteria penilaian.
  • Bukti-bukti ini dapat diperoleh melalui pengkajian dokumen, pengamatan, atau wawancara dengan pengawas sekolah .
  • Penilaian dilakukan dengan cara memberikan skor pada setiap kriteria berdasarkan kelengkapan dan keabsahan bukti yang releven dan teridentifikasi.
  • Skor penilaian dinyatakan dengan angka 4, 3, 2, atau 1 dengan ketentuan sebagai berikut:
  1. Skor 4 diberikan apabila pengawas sekolah mampu menunjukkan bukti‐bukti yang lengkap dan sangat meyakinkan bahwa pengawas sekolah yang bersangkutan berkinerja sesuai dengan masing-masing kriteria komponen yang dinilai.
  2. Skor 3 diberikan apabila pengawas sekolah mampu menunjukkan bukti‐bukti yang lengkap dan cukup meyakinkan bahwa pengawas sekolah yang bersangkutan berkinerja sesuai dengan masing-masing kriteria komponen yang dinilai.
  3. Skor 2 diberikan apabila pengawas sekolah menunjukkan bukti‐bukti yang kurang lengkap dan cukup meyakinkan bahwa yang bersangkutan berkinerja sesuai dengan masing-masing kriteria komponen yang dinilai.
  4. Skor 1 diberikan apabila ditemukan bukti yang sangat terbatas dan kurang meyakinkan atau tidak ditemukan bukti bahwa pengawas sekolah yang bersangkutan berkinerja sesuai dengan masing-masing kriteria komponen yang dinilai.
  • Perhitungan Penilaian Skor akhir dari Penilaian Kinerja Pengawas Sekolah dengan rumus sebagai berikut:
 
Sesuai dengan tujuan akhir dari kegiatan PKPS adalah pemberian keputusan rekomendasi berupa kualifikasi prestasi kinerja pengawas sekolah yang diperoleh dari konversi rentang skor menjadi nilai tertentu sesuai tabel berikut:
Dengan memahami petunjuk pemberian skor dan pengolahan hasil pada kegiatan PKPS diharapkan pengawas sekolah memiliki persiapan yang matang dalam menghadapi kegiatan tersebut.


Informasi Terbaru

Back To Top