Persyaratan Peserta Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) Tingkat SMP Tahun 2015

Info Kuipper School Lomba Penelitian Ilmiah Remaja (LPIR) Tingkat SMP yang diselenggarakan oleh Direktorat Pembinaan SMP Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan merupakan suatu ajang kompetisi karya ilmiah yang berbasis kegiatan penelitian para Remaja SMP yang tergabung dalam Kelompok Ilmiah Remaja (KIR). Kegiatan LPIR ini  merupakan salah satu upaya memperkuat  implementasi kurikulum 2013 yang telah dicanangkan Pemerintah guna meningkatkan mutu pendidikan Nasional. Di samping itu juga untuk memberikan ruang para Siswa dalam KIR, Guru dan Sekolah berperan serta terhadap perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni (IPTEKS). 

LPIR adalah suatu kegiatan penelitian siswa yang diarahkan pada pengembangan IPTEKS, dan ditulis dalam sebuah makalah ilmiah sebagai bahan penilaian dalam kompetisi ilmiah.  Ruang lingkup LPIR 2015 mencakup tiga bidang keilmuan, yaitu;
  1. lmu Pengetahuan Sosial Kemanusiaan dan Seni.
  2. Ilmu Pengetahuan Alam dan Lingkungan
  3. Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa 
Tema Lomba Penelitian Ilmiah Remaja 2015 adalah “Meningkatkan Rasa Ingin Tahu Remaja melalui  Penelitian Ilmiah”.  Sub Tema : ”Memanfaatkan Sumber Daya yang tersedia di lingkungan sekitar Guna  Menumbuhkembangkan Inovasi, Invensi , dan Daya  Cipta Remaja di Sekolah”. Untuk Persyaratan peserta LPIR 2015 adalah sebagai berikut;
  1. Berkewarganegaraan Indonesia.
  2. Terdaftar dan aktif sebagai siswa SMP negeri dan  swasta.
  3. Berkelompok maksimal 3 siswa setiap Topik  Penelitian yang dipilih. 
  4. Hasil Penelitian belum pernah dilombakan pada lomba lain tingkat nasional. 
  5. Peserta baik perorangan maupun kelompok belum pernah menjadi juara satu pada bidang yang dilombakan di LPIR tingkat SMP yang diselenggarakan Kemendikbud. 
Judul karya ilmiah/topik penelitian ditentukan oleh peneliti utama dan atau bersama anggota kelompoknya yang mengacu pada tema dan sub tema LPIR 2015.  Data yang dianalisis dan dibahas harus aktual dan  merupakan hasil penelitian ilmiah yang dilakukan. Hasil penelitian ilmiah ditulis sesuai dengan kaidah karya tulis ilmiah. 

Sifat dan isi makalah harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut;
  1. Kreatif dan Objektif
    a. Tulisan berisi ide/gagasan yang kreatif dan didukung penelitian ilmiah yang menggunakan data primer atau sekunder yang relevan.
    b. Tulisan harus didukung oleh data empiris/informasi yang valid dan dapat dipercaya.
    c. Tulisan bersifat asli (bukan jiplakan) dan bukan duplikasi dari hasil penelitian sebelumnya. 
  2. Sistematika Penulisan/ Laporan Penelitian
    a. Setiap langkah penulisan dirancang secara sistematis. 
  3. b. Pada dasarnya karya Ilmiah ditulis minimal memuat: latar belakang masalah, identifikasi masalah, perumusan masalah, tujuan penelitian, kajian pustaka, metode/prototype, analisis data, pembahasan, kesimpulan, dan sedapat mungkin memuat saran-saran.
    c. Isi laporan penelitian berdasarkan hasil penelitian yang didukung data primer dan kajian pustaka. 
Sekian dan Terima Kasih semoga bermanfaat!!!
Tag: #KIR, #LPIR

Informasi Terbaru

Back To Top