Persyaratan Penerbitan Nomor Induk Penyelenggaraan Uji Kompetensi (NIPUK) Online

Info Kuipper School.
NIPUK Online adalah nomor unik yang diberikan kepada secara otomatis LSK, TUK, Master Penguji, dan Penguji Uji Kompetensi yang memenuhi syarat tertentu sebagai identitas resmi penyelenggaraan uji kompetensi yang diakui oleh pemerintah secara online.

Berbagai manfaat yang didapat dengan adanya pendataan NIPUK Online ini diantaranya terdapat data yang akurat, terhadap keberadaaan LSK, TUK, Master Penguji dan Penguji Uji Kompetensi, memudahkan program pembinaan dan pengembangan, memudahkan program pengawasan, melatih terti administrasi dan jaminan terhadap masyarakat akan  penyeleggaraan uji kompetensi lembaga kursus dan pelatihan.

Nomor Induk Penyelenggaraan Uji Kompetensi (NIPUK) online secara otomatis akan di entri dan diberikan secara langsung oleh Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan, Ditjen PAUDNI kepada:
  1. LSK yang sudah ditetapkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal dan Informal, 
  2. TUK yang sudah ditetapkan oleh LSK, 
  3. Master Penguji yang sudah dilatih dan dinyatakan lulus sebagai Master Penguji dan ditetapkan oleh Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan dan Direktorat Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik dan Kependidikan PAUDNI, serta 
  4. Penguji Uji Kompetensi yang sudah dinyatakan lulus dan  kompeten dalam pelatihan bagi calon penguji uji kompetensi oleh LSK.
Contoh Kode NIPUK Online dan Keteranganya:
Penyelenggaraan uji kompetensi bagi peserta didik kursus dan pelatihan, menghasilkan output yang berkualitas jika dalam penyelenggaraan uji kompetensi dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan dan seluruh komponen penyelenggara dapat dipertanggungjawabkan secara akuntabel kepada publik, dan dengan adanya kepemilikan NIPUK merupakan salah satu indikator profesionalisme pengelola penyelengaraan Uji Kompetensi kursus dan Pelatihan. (sumber: infokursus.net)

Informasi Terbaru

Back To Top