Persyaratan dan Tata Cara Pengajuan NILEK Online bagi LKP

Info Kuipper School.
Nomor Induk Lembaga Kursus dan Pelatihan (NILEK) Online adalah nomor unik yang diberikan kepada LKP yang memenuhi syarat tertentu sebagai identitas resmi kelembagaan kursus dan pelatihan yang diakui oleh pemerintah secara online.


LKP yang dapat mengajukan NILEK Online adalah harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
  1. Memiliki akte notaris pendirian lembaga
  2. Memiliki izin operasional kursus dan  pelatihan dari Dinas Pendidikan dan atau  dinas yang berwenang mengeluarkan izin bidang pendidikan nonformal dan informal.
  3. Menyelenggarakan proses pembelajaran dengan jenis keterampilan yang sesuai dengan izin operasional.
  4. Lembaga yang memiliki LKP dan PKBM  dalam satu tempat harus memilih salah satu, tetap sebagai LKP atau PKBM
Bagan Alur Proses Pengajuan NILEK Online adalah sebagai berikut:
Alur Proses Pengejuan NILEK Online
Penjelasan alur tersebut secara rinci adalah:
  1. LKP yang sudah memenuhi persyaratan dapat mengajukan NILEK ke Dinas Pendidikan kab/kota (dengan membawa kelengkapan data yaitu: salinan akta notaris, salinan Ijin operasional yang masih berlaku, formulir pengajuan NILEK baik form A, B, C yang sudah diverifikasi oleh DPC HIPKI/HISPPI sedangkan formulir D jika diisi lebih baik). Formulir dapat diunduh di www.paudni.kemdikbud.go.id/kursus/unduh atau www.infokursus.net/unduh)
  2. Dinas Pendidikan kab/kota akan melakukan verifikasi dan validasi terhadap LKP yang mengajukan NILEK tersebut, jika dimungkinkan dilakukan visitasi lapangan.
  3. Jika lolos, maka Dinas Pendidikan kab/kota akan mengajukan NILEK LKP tersebut ke Dinas Pendidikan Propinsi secara online dengan cara melakukan entri data dari formulir pengajuan (Formulir A, B, dan C).
  4. Data pengajuan NILEK dari Dinas Pendidikan kab/kota secara otomatis akan masuk ke admin Dinas Pendidikan Propinsi. Dan setelah lolos di Dinas Pendidikan Propinsi maka akan diterbitkan NILEK secara Online dan langsung dapat diakses di www.paudni.kemdikbud.go.id/ kursus/datakursus atau www.infokursus.net/datakursus
  5. Proses validasi NILEK akan dilakukan secara periodik oleh dinas pendidikan kab/kota dan propinsi ditandai dengan alamat LKP yang berwarna biru (LKP tersebut masih aktif). Jika LKP tersebut alamatnya berwarna hitam artinya LKP tersebut sudah pernah mendapatkan NILEK tetapi tidak aktif.
  6. Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan, Ditjen PAUDNI, Kemdikbud akan:
  • Memonitor dan melakukan updating data NILEK Online
  • Menerbitkan kartu NILEK 
  • Dalam kondisi khusus, Dit. Binsuslat dapat menerbitkan NILEK untuk LKP.
LKP yang telah memiliki NILEK memiliki hak terhadap berbagai fasilitas pembinaan dan pengembangan dari Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan, Pengelola LKP yang belum memiliki NILEK, untuk segera mengajukan dengan mempersiapkan berbagai persyaratan yang dibutuhkan. semoga informasi ini dapat membantu dan bermanfaat. (sumber; infokursus.net

Informasi Terbaru

Back To Top