Persyaratan Bagi Lembaga Calon Penerima Dana Bantuan Rintisan Lembaga PAUD Baru

Info Kuipper School. Dana Bantuan Rintisan Lembaga PAUD Baru adalah dukungan dana untuk pembentukan dan penyelenggaraan layanan Program PAUD Baru dalam bentuk TK, KB, TPA, atau Satuan PAUD Sejenis. Satuan PAUD Sejenis dapat berbentuk Pos PAUD, PAUD berbasis Pendidikan Al-Quran/lembaga keagamaan Islam, PAUD berbasis Sekolah Minggu/lembaga keagamaan  Kristen/Katolik, atau bentuk lain yang sejenis

Tujuan pemberian bantuan rintisan lembaga PAUD baru adalah terbentuknya lembaga PAUD baru yang merintis layanan program PAUD dalam bentuk TK, KB, TPA, atau Satuan PAUD Sejenis (SPS) dalam rangka perluasan dan pemerataan akses yang menjangkau masyarakat pedesaan dan wilayah terpencil lainnya.

Bantuan Rintisan PAUD Baru diperuntukkan bagi: 
  1. Organisasi/lembaga/masyarakat yang akan membentuk lembaga PAUD baru.
  2. Berlokasi di desa yang belum memiliki lembaga PAUD baik dalam bentuk TK/KB/TPA/SPS kecuali membentuk Taman Penitipan Anak (TPA) yang baru di daerah yang telah ditentukan sesuai distribusi;
  3. Pengecualian dari butir 2 harus melalui rekomendasi dari  Direktorat Pembinaan PAUD.
Dana bantuan ini bersifat hibah yang hanya diberikan  satu kali sebagai dana stimulan dalam pembentukan dan penyelenggaraan rintisan PAUD baru.

Persyaratan Penerima
  1. Memiliki susunan kepengurusan yang ditetapkan oleh  kepala desa/kelurahan (jika dikelola oleh masyarakat) atau oleh ketua lembaga/yayasan (jika dikelola oleh lembaga/yayasan). 
  2. Memiliki surat keterangan dari Kepala Desa/Kelurahan yang menyatakan bahwa di desa/kelurahan tersebut belum memiliki satuan PAUD baik dalam bentuk TK, RA, KB, TPA, maupun SPS.
  3. Khusus lembaga yang akan mendirikan satuan PAUD dalam bentuk TPA harus memiliki surat keterangan dari Kepala Desa/Kelurahan bahwa desa/kelurahan tersebut belum memiliki satuan PAUD dalam bentuk TPA bagi Kab/Kota yang sudah terpenuhi satu desa satu PAUD. 
  4. Memiliki daftar calon peserta didik dengan jumlah anak (sesuai kelompok usia yang akan dilayani) minimal 15 anak untuk TK, KB, dan SPS; sedangkan untuk TPA minimal 10 anak.
  5. Memiliki daftar calon pendidik dengan kualifikasi pendidikan minimal SMA atau yang sederajat, dengan rasio minimal jumlah pendidik dibanding dengan jumlah peserta didik untuk kelompok usia di bawah 3 tahun 1:10; untuk kelompok usia 3 dan 4 tahun 1:15; dan untuk kelompok usia 5 dan 6 tahun 1:20. 
  6. Memiliki prasarana yang memadai: (1) Tempat penyelenggaraan PAUD dengan kondisi yang layak dengan melampirkan akte kepemilikan, atau bukti sewa, atau surat pernyataan izin penggunaan tempat dari pemilik/pemegang hak, foto keadaan ruang dalam dan luar bangunan beserta keterangan luas bangunan dan tanah serta fasilitas lain yang dimiliki; (2) Luas lahan yang terdiri dari ruang bermain dalam dan area bermain luar yang sesuai dengan kebutuhan anak; dan (3) tersedia MCK dengan air bersih.
  7. Memiliki rekening bank atas nama lembaga/yayasan/ pengelola (bukan rekening milik pribadi) yang masih aktif dengan melampirkan fotocopy buku rekening yang menunjukkan nama bank, nama pemilik, dan nomor rekening. Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan No. 81/PMK.05/2012 tentang Bantuan Sosial pada Kementerian Negara/Lembaga dan Surat Ditjen Perbendaharaan No. S-989/PB/2012 tentang Penyaluran Dana SP2D/SPT pada KPPN, maka Direktorat Pembinaan PAUD menunjuk Bank Rakyat Indonesia (BRI) sebagai Bank Penyalur. Demi kelancaran proses penyaluran dana dihimbau calon lembaga penerima dana bantuan juga menggunakan rekening bank BRI di wilayah terdekat, apabila menggunakan bank selain BRI akan dikenakan biaya sesuai dengan ketentuan perbankan yang berlaku, yang dibebankan ke lembaga penerima bantuan.
  8. Membuat Surat Pernyataan Kesanggupan atas keberlangsungan penyelenggaraan program dari ketua penyelenggara yang diketahui oleh kepala desa/kelurahan (jika dikelola oleh masyarakat) atau ketua lembaga/yayasan (jika dikelola oleh lembaga/yayasan). 
  9. Mengajukan proposal kepada Direktur Pembinaan PAUD, Ditjen PAUDNI, Kemdikbud atau Kepala UPT PAUDNI sesuai wilayahnya melalui Dinas Pendidikan Kab/Kota.
Sekian dan terima kasih semoga bermanfaa!!!
Tag: #KB, #PAUD, #SPS, #TK, #TPA

Informasi Terbaru

Back To Top