Materi Diklat Calon Kepala Sekolah: Monitoring dan Evaluasi

Info Kuipper School.
Peningkatan kualitas pendidikan harus terus ditingkatkan, melalui berbagai program dan kegiatan, serta melibatkan peran berbagai pihak. Kegiatan monitoring dan evaluasi  mutlak diperlukan terhadap segala program dan kegiatan dalam proses peningkatan kualitas pendidikan terutama pendidikan di lingkup sekolah sebagai salah satu pranata formal yang menyelenggarakan pendidikan.

Sebagai lembaga formal sekolah memiliki hierarki dalam kepemimpinan dimana kepala sekolah menempati posisi tertinggi dan bertanggung jawab terhadap proses pendidikan di sekolah, salah satu peran dari kepala sekolah adalah sebagai pengawas dan harus mampu melakukan pengendalian program. dalam melaksanakan pengendalian suatu program kepala sekolah harus memahami fungsi perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut dari monitoring, evaluasi, dan pelaporan salah satu kegiatan/program untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

Oleh sebab itu LPPKS memberikan materi Monitoring dan Evaluasi pada program penyiapan calon kepala sekolah yang meliputi:
  1. Memahami pengertian, tujuan, prinsip dan proses monitoring dan evaluasi suatu program;
  2. Melaksanakan monitoring dan evaluasi suatu program;
  3. Menyusun laporan hasil monitoring dan evaluasi  suatu program
Berikut skema penyajian materi monitoring dan evaluasi pada tahapan kegiatan pendidikan dan latihan calon kepala sekolah:

Materi Monev Diklat Cakep

Sesuai dengan skema pada pembelajaran monitoring dan evaluasi maka calon kepala seklah diharapkan mampu memahami dan melaksanakan monitoring dan evaluasi dengan baik sehingga peningkatan mutu pendidikan terutama kegiatan pembelajaran terus dapat berjalan dan mengalami perbaikan.

Informasi Terbaru

Back To Top