Lembaga PAUD Seperti Apa Yang Berhak Menerima Bantuan PAUD Pasca Bencana dan Berapa Besaran Dana Bantuan yang di terima?

Info Kuipper School. Kondisi geografis Indonesia yang terletak di daerah yang berpotensi bencana memiliki resiko terjadinya bencana yang menelan korban jiwa, kerusakan infrastruktur (fasilitas sarana dan prasarana) termasuk sarana prasarana pendidikan yang ada di lembaga PAUD seluruh Indonesia.

Berpijak dari kondisi tersebut , Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam hal ini Direktorat Pembinaan PAUD pada tahun 2015 mengalokasikan dana bantuan PAUD Pasca Bencana bagi lembaga PAUD yang mengalami bencana

Pasca Bencana adalah perbaikan dan pemulihan semua aspek layanan PAUD atau masyarakat sampai tingkat yang memadai pada wilayah yang terkena bencana dengan sasaran utama untuk normalisasi atau berjalannya secara wajar semua aspek layanan PAUD dan kehidupan masyarakat pada wilayah yang terkena bencana. Pasca bencana dilakukan melalui kegiatan: perbaikan prasarana, sarana dan fasilitas yang dimiliki lembaga PAUD, pemberian bantuan perbaikan layanan PAUD, pemulihan sosial ekonomi budaya, dan pemulihan fungsi pelayanan publik.

Bantuan PAUD Pasca Bencana adalah bantuan yang diberikan Direktorat Pembinaan PAUD kepada lembaga PAUD yang terkena bencana bersifat terbatas dan kompetitif, sehingga tidak semua lembaga yang mengajukan proposal mendapatkan bantuan. Pengelolaan bantuan PAUD Pasca Bencana Tahun 2015 dilaksanakan sepenuhnya oleh penerima bantuan untuk dapat meningkatkan efisien, efektif, akuntabel, serta dapat di pertanggung jawabkan.

Tujuan Pemberian Dana Bantuan PAUD Pasca Bencana adalah untuk:
  1. Mengoptimalkan kembali sarana, prasarana dan fasilitas di lembaga PAUD yang terkena bencana agar dapat difungsikan kembali untuk kegiatan pembelajaran PAUD.
  2. Meningkatkan akses dan mutu layanan PAUD dilembaga penerima bantuan. (c) meningkatkan dukungan, partisipasi serta peranserta masyarakat dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan/pengendalian dan pertanggung jawaban dalam pengelolaan bantuan.
Sasaran Pemberian Bantuan PAUD Pasca Bencana Tahun 2015 diperuntukan bagi lembaga PAUD yang menyelengarakan layanan Taman Kanak-kanak (TK), Kelompok Bermain (KB), Taman Penitipan Anak (TPA), Satuan PAUD Sejenis (SPS) dan/atau lembaga lain yang mengembangkan layanan pedidikan bagi anak usia dini yang terkena bencana, antara lain berupa gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan, kebakaran , tanah longsor, konflik sosial dan bencana lain yang berdampak kegiatan pembelajaran tidak optimal atau tidak dapat dilaksanakan.

Dana bantuan PAUD Pasca Bencana bersumber dari Anggaran Direktorat Pembinaan PAUD, Direktorat Jenderal PAUD dan DIKMAS, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun anggaran 2015. Besarnya dana Bantuan PAUD Pasca Bencana Tahun 2015 yang diberikan kepada Lembaga/Organisasi/Yayasan adalah maksimal sebesar Rp 50.000.000 (Lima puluh juta rupiah).

Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat !!!

Informasi Terbaru

Back To Top