Kemdikbud Isyaratkan Untuk Membuat Kurikulum Jenis Baru Dengan Tiga Komponen Di Dalamnya

Info Kuipper School. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengisyaratkan untuk membuat kurikulum jenis baru dengan tiga komponen di dalamnya. Komponen tersebut berkaitan dengan 
  1. Sisi nasional, 
  2. Lokal dan 
  3. Sekolah. 
Lebih Lanjut Anies Baswedan menyatakan, sebuah kurikulum nantinya tidak akan disamaratakan untuk semua daerah. Pasalnya setiap daerah mempunyai kebutuhan berbeda dalam sistem pembelajaran. 

Dalam diskusinya bersama wartawan, pengamat dan orang tua murid, pada hari Sabtu (16/5) malam. Anies mengatakan bahwa "Jangan sampai nanti bukunya hanya memperlihatkan keadaan di pulau jawa saja. Sehingga gambarannya seragam. Padahal setiap daerah memunyai ciri khas masing-masing," 

Lebih Jelasnya Anis Mengatakan "sebuah variasi harus dilakukan dalam kurikulum di Indonesia. Dengan beragam daerah yang ada, perbedaan kurikulum diharap bisa membuat siswa di masing-masing kawasan jusru lebih berkembang dengan memanfaatkan semua hal yang ada di sekitarnya.( Sumber : ROL)

Seperti yang kita tahu bahwa Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan telah menghentikan penerapan Kurikulum 2013 untuk sekolah yang baru menerapkan satu semester. Sekolah-sekolah itu diminta kembali menggunakan Kurikulum 2006 atau dikenal Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).

Keputusan Penghentian Kurikulum 2013 diambil mendikbud adalah berdasarkan pada rekomendasi tim evaluasi implementasi Kurikulum 2013 dan diskusi dengan berbagai pemangku kepentingan. Keputusan nasib K-13 itu diambil setelah ia menerima laporan dari tim evaluasi kurikulum yang diketuai guru besar Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Suyanto. Anies mengatakan, sebagian besar sekolah belum siap melaksanakan Kurikulum 2013. Penghentian kurikulum ini dilandasi antara lain karena masih ada masalah dalam kesiapan buku, sistem penilaian, penataran guru, pendamping guru dan pelatihan kepala sekolah yang belum merata.
Baca Juga : Tahun 2018 Kurikulum Nasional akan Gantikan Kurikulum 2013
Sekian Dan Terima Kasih Semoga Bermanfaat!!!

Informasi Terbaru

Back To Top