Jadi Tamu Kehormatan FBF 2015, Indonesia Ikuti Ikuti Leipzig Book Fair 2015

Info Kuipper School.
Frankfurt Book Fair (FBF) merupakan pameran buku yang tertua dan terbesar di dunia yang diselenggarakan di Kota Frankfurt Jerman. Pada tahun ini FBF 2015 yang akan diselenggarakan pada bulan Oktober 2015 dan akan menjadi moment yang istimewa karena Indonesia di daulat sebagai Tamu Kehormatan (Guest Of Honour).

Menjadi Tamu Kehormatan pada FBF 2015 merupakan suatu kebanggaan karena Indonesia hanya butuh 5 tahun untuk menjadi tamu kehormatan, sebagai perbandingan Finlandia yang merupakan negara dengan sistem pendidikan yang terbailk harus sabar menanti selama 26 tahun untuk menjadi Tamu Kehormatan pada event ini, sebagai langkah persiapan yang harus dilakukan oleh Indonesia adalah harus mengikuti Pameran Buku terbesar kedua di negara tersebut yaitu Leipzig Book Fair 2015 yang diselenggarakan pada tanggal 12-13 Maret 2015 yang berlokasi di Kota Leipzig di Wilayah Timur Jerman.

Pada Pameran ini Indonesia di berikan satu stand pameran yang di isi dengan sekitar 150 judul buku, secara khusus stand ini berfungsi sebagai sarana tempat pembelian hak penerbitan oleh penerbit Jerman yang tertarik dengan buku dan karya sastra Indonesia hal ini terbukti dengan telah dibelinya hak penerbitannya oleh beberapa penerbit lokal untuk diterbitkan dalam bahasa Jerman. 

Kota Leipzig memiliki kaitan yang erat dalam hal literatur sejarah karena di kota ini Raden Saleh sebagai Mahasiswa Modern pertama di Jerman dan menjadi penulis ternama di Indonesia, bahkan sampai sekarang Raden Saleh masih di hormati di Kota ini.

Selain menjadi peserta pada Pameran Buku Leipzig 2015, pemerintah menyiapkan berbagai kegiatan menuju FBF 2015 yaitu:
  1. Bulan Juni 2015 diadakan Jumpa Pers oleh Mendikbud Anis Baswedan pada Bulan Juni sebagai pengumuman resmi bahwa Indonesia menjadi Tamu Kehormatan, dan ini adalah kegiatan wajib.
  2. Bulan Agustus, mengikuti Festival Museum atau Festival Tepi Sungai di Frankfurt. Mengikuti pameran Pameran Arsitektur Indonesia di Museum Arsitektur Jerman, yang diselenggarakan dalam waktu yang bersamaan dengan Festival Museum atau Festival Tepi Sungai
  3. Pada Bulan September 2015 di Kota Hamburg, pada event Pasar Hamburg yang dilaksanakan selama 3 hari, Komunitas Frankfut Book Fair diundang oleh komunitas Indonesia di Hamburg.
 Rangkaian Kegiatan Menuju FBF 2015
 Itulah rangakaian kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan dalam rangka menyambut FBF 2015 dengan Indonesia sebagai Tamu Kehormatannya (Guest of Honour).
Baca: Inilah 7 Keuntungan Utama Menjadi Tamu Kehormatan pada FBF 2015 

Informasi Terbaru

Back To Top