Inilah 9 Kecerdasan Anak (Kecerdasan Majemuk) Yang Wajib Diketahui oleh Seorang Pendidik

Info Kuipper School.
Setiap manusia terutama anak merupakan pribadi yang utuh namun unik, sehingga tidak mungkin diberi perlakuan yang sama dalam hal apapun terutama dalam mengembangkan potensi kecerdasan yang dimilikinya.

Meskipun tingkat kecerdasan anak sangat ditentukan oleh kedua orang tuanya namun dalam sistem pendidikan kita yang mewajibkan setiap anak dalam usia sekolah harus mengenyam pendidikan maka mau tidak mau seorang guru akan memiliki pengaruh yang besar dalam mengoptimalkan potensi kecerdasan seorang anak dalam hal ini peserta didiknya.

Kecerdasan seorang anak dapat ditumbuhkan tergantung dari stimulus yang diberikan atau yang diterimanya baik itu orang tua, lingkungan maupun sekolah.

Agar dapat mengetahui mengembangkan kecerdasan dan bakat dari peserta didik maka seorang pendidik harus mengetahui 9 jenis kecerdasan anak yang dikenal dengan kecerdasan majemuk sebagai berikut:
  1. Kecerdasan bahasa (lingusitik verbal),
  2. Logika matematika (logis matematis)
  3. spiritual (eksistensial) 
  4. Intrapersonal, 
  5. Interpersonal, 
  6. visual spasial
  7. Fisik (kinestetik
  8. Musik, (musical)
  9. Alam, (naturalis) 
Proses pendidikan harus mampu menyentuh seluruh kecerdasan majemuk yang dimiliki oleh seorang siswa agar potensi bakat yang dimilikinya akan berkembang dengan baik.

Selain pengetahuan akan kecerdasan majemuk, seorang pendidik harus mampu juga dalam mengenali ciri-ciri anak yang memiliki bakat tertentu. Ada beberapa cara mudah dalam mengenali atau membedakan anak yang berbakat diantaranya adalah cepat menguasai apa yang diajarkan dibandingkan dengan rekan sebayanya, tidak cepat merasa bosan dalam menyelesaikan tugas atau tantangan tertentu dan yang terakhir selalu memberikan hasil yang baik.

Mudah-mudahan informasi ini bermanfaat terutama dalam menghadapi tahun pelajaran baru, dimana anak didik baru siap menanti untuk diberikan pendidikan yang terbaik, sesuai dengan harapan orang tunya ketika ia memasukan anaknya ke sekolah dimana bapak ibu guru bertugas. Terima kasih.
Baca juga: Kalender Pendidikan Tahun Pelajaran 2015/2016

Informasi Terbaru

Back To Top