Inilah 8 Ciri Guru Yang Baik Guru Wajib Tahu

Info Kuipper School. Menjadi seorang guru yang baik tentu bukanlah hal yang mudah. Apalagi kita semua tahu bahwa kategori guru yang baik itu sifatnya sangat relatif dan bersifat subjektif. Berbeda dengan kategori guru profesional atau guru berprestasi yang sangat jelas indikator penilaiannya dan juga ada kriteria ujiannya.

Nah, berbicara mengenai ciri ciri guru yang baik, mungkin diantara kita ada yang pernah membaca sebuah buku yang berjudul: Teacher Effectiveness Training

Dalam buku ini, sang penulis Thomas Gordon, mengemukakan setidaknya ada 8 (delapan) definisi guru yang baik, Namun uniknya, definisi ini justru diambil dari mitos umum tentang guru dan pengajaran.

Inilah 8 Ciri Guru Yang Baik yang harus diketahui oleh guru

1. Tenang dan tidak menunjukkan emosi yang menyala,
2. Tidak mempunyai prasangka yang buruk kepada peserta didiknya,
3. Dapat menyembunyikan perasaannya dari peserta didik,
4. Memandang semua peserta didik sama,
5. Mampu menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan, bebas, motivator, dan semangat,
6. Konsisten, tidak berubah-ubah pendirian dan jarang melakukan kesalahan,
7. Pandai, bijaksana dalam memperlakukan siswa dan mampu menjawab pertanyaan siswa,
8. Sanggup memberikan bantuan secara maksimal kepada peserta didik.

Jika kita memperhatikan poin-poin dari ke delapan ciri tersebut diatas, kita dapat mengetahui bahwa ternyata  guru yang baik itu harus selalu lebih dalam segala hal dari pada orang-orang pada umumnya. Guru harus selalu lebih mengerti dan lebih memiliki ilmu pengetahuan serta lebih sempurna dari orang-orang lain. Seakan akan dapat disimpulkan bahwa guru yang baik adalah guru yang mampu mengatasi kelemahan manusia lain!
Baca juga: Inilah 7 Dosa Guru Yang Harus Anda Hindari
Namun pada keyataannya, guru juga manusia biasa yang memiliki banyak keterbatasan. Sehingga dapat dipastikan setiap guru memiliki kekurangan dan kelemahan selain juga berbagai kelebihan dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari. Itu artinya, ketika guru melaksanakan tugas sebagai seorang pengajar, pendidik ataupun sebagai pembimbing, sifat-sifat manusiawinya akan selalu muncul. Oleh karena itulah mengapa guru sangat berkepentingan untuk terus meningkatkan kualitas diri dan profesionalismenya sepanjang waktu. (baca juga: Ini Dia 10 Ciri Guru yang Disenangi Siswa yang Wajib Anda Ketahui)

Atau, apakah ini hanya mitos saja? Hemm, silahkan simpulkan sendiri!

Informasi Terbaru

Back To Top