Inilah 7 Dosa Guru Yang Harus Anda Hindari

Info Kuipper School.
Menjadi seorang guru adalah profesi yang sangat mulia. Bagi sebagian orang, profesi guru adalah profesi favorit yang dianggap paling ideal, terlebih jika kemudian dapat diangkat jadi CPNS (Amin!)

Untuk menjadi seorang guru yang baik dan ideal sebetulnya bukanlah hal sulit jika mau mengikuti ketentuan yang berlaku dan menjalankan kewajibannya yang diamanahkan UU no 14 tahun 2005. Sebaliknya, guru yang tidak melaksanakan kewajibannya sesungguhnya telah melakukan “dosa besar” terhadap undang-undang. (baca juga: 13 Macam Penyakit yang Harus Dihindari Oleh Guru)

Berikut ini adalah 7 dosa yang sering dilakukan oleh seorang guru karena tidak menjalankan kewajibannya.

1. Tidak memberikan proses pembelajaran yang bermutu. Salah satu yang diamanahkan UU No. 14 Tahun 2005 adalah guru wajib melaksanakan pembelajaran yang bermutu. Pada kenyataanya tidak sedikit guru yang mengajar tanpa memerhatikan metode pembelajaran, gaya belajar siswa, tidak menggunakan media pembelajaran dan tidak memahami materi yang diajarkan. Hal ini dapat membuat pembelajaran menjadi tidak bermutu,

2. Tidak merencanakan proses pembelajaran sebelum masuk kelas. Sudah menjadi rahasia umum bahwa banyak sekali guru yang tidak menyusun rencana proses pembelajaran (RPP) sebelum mengajar dikelas.

3. Tidak mengevaluasi hasil pekerjaan siswa baik itu di sekolah ataupun pekerjaan rumah (PR). Dosa ini termasuk dosa yang sangat parah dan akut. Selain tidak menghargai siswanya, guru ini juga sesungguhnya tidak menghargai dirinya sendiri dalam kapasitasnya sebagai seorang guru.

4. Tidak meningkatkan kualifikasi akademik dan kompetensi. Guru model ini biasanya merasa sudah cukup mapan dengan kemampuan yang dia miliki, padahal sesungguhnya ia perlahan menjadi guru yang tidak lagi berkompeten.

5. Tidak Objektif, Diskriminatif terhadap peserta didik dalam pembelajaran. Sadar atau tidak mau sadar banyak guru-guru kita melakukan diskriminatif terhadap siswa. Diskriminasi ini terutama terhadap status ekonomi orang tua peserta didik. Ingat diskriminatif dalam proses pembelajaran merupakan dosa.

6. Mengabaikan perundangan-undangan, hukum, kode etik guru, nilai agama dan etika

7. Merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Guru mempunyai kewajiban ganda untuk menjaga dan memelihara persatuan dan kesatuan bangsa. Mengabaikan hal ini adalah dosa bagi seorang guru

Itulah 7 Dosa Guru Yang Harus dihindari. Semoga dosa ini tidak terbawa sampai akhirat. Amin. Semoga bermanfaat. sumber: konsultan muda (baca juga: Ini Dia 10 Ciri Guru yang Disenangi Siswa yang Wajib Anda Ketahui)

Informasi Terbaru

Back To Top