Ini Dia 5 Langkah Menjadi Guru yang Disenangi Siswa di Sekolah

Semua guru pasti menginginkan agar siswa menghargai dan menaruh hormat kepadanya.  Untuk menjadi guru yang disenangi siswa, guru akan dituntut untuk menunjukan dedikasi, tanggung jawab, dan sekali-kali rasa humor.

Berikut ini adalah langkah langkah yang bisa diterapkan untuk menjadi guru yang disenangi siswa di sekolah

1. Masuk akal. Siswa akan cepat tanggap jika ada guru yang tegas tapi tetap berlaku adil. Jangan memarahi anak hanya karena masalah kecil, bertindaklah yang masuk akal dan buat mereka bertanggung jawab atas kesalahannya, tapi jangan terlalu berlebihan. Jagalah sikap hormat anda kepada mereka, dan anda lebih mungkin untuk mendapatkan yang sama sebagai balasannya. Pastikan bahwa Anda tidak menggunakan kata yang dapat menghina anak-anak di depan kelas karena hal ini akan berbalik merusak citra Anda dihadapan mereka.

2. Jangan pilih kasih. Guru jangan memberikan perhatian yang lebih hanya kepada sebagian siswa saja dari pada sebagian siswa yang lain. Hal ini akan membuat siswa lain merasa diabaikan. Pastikan Anda berbagi tugas, tanggung jawab dan kesempatan di antara semua siswa daripada berlaku pilih kasih.

3. Selalu menjaga senyum di wajah Anda. Tunjukan bahwa Anda selalu merasa sangat bahagia, dengan begitu orang disekitar anda juga merasakan hal yang sama. Keakraban dan kebahagiaan anda bisa menular kepada mereka. Selalu ceria di sekolah akan menguatkan kesan siswa terhadap Anda.

4. Jangan memasang muka terlalu serius. Milikilah rasa humor, dan bersedialah untuk tertawa bersama sama dengan siswa anda. Jika siswa Anda tahu bahwa mereka dapat menjadi ringan hati dan bersenang-senang di kelas Anda, mereka akan lebih santai dan menikmati waktunya bersama anda. Memiliki sedikit rasa humor tidak akan menggangu cara belajar.

5.  Selalu ada dan terbuka. Selalu mencoba untuk mengatur waktu untuk siswa Anda - ini adalah tip paling kuat. Hargailah waktu mereka dan perhatikanlah mereka ketika mereka membutuhkan bantuan. Jangan memaksa, tapi luangkalah waktu ketika mereka membutuhkan bantuan tambahan, saran, atau mentor. Biarkan anak-anak datang kepada Anda, berikanlah kepada mereka perhatian dan dukungan, dan Anda akan segera melihat mereka memikirkan Anda sebagai guru kesayangan mereka.

Tips

Hindari marah. Tidak ada seorangpun yang suka jika dimarahi oleh siapapun, termasuk juga oleh guru. Tetaplah kalem dan jangan frustrasi.

Berbuat baik di mata guru-guru lain. Reputasi Anda di sekitar sekolah hanya akan ditingkatkan jika Anda menjaga hubungan baik dengan rekan kerja Anda.

Semoga bermanfaat. Sumber: http://www.wikihow.com/

Informasi Terbaru

Back To Top