Ini Dia 10 Kualitas Guru Efektif Yang Wajib Diketahui Guru

Pikirkan kembali ketika Anda masih bersekolah. Siapa guru yang menjadi favorit Anda? Siapa guru Anda paling anda takuti? Hampir semua orang langsung akan mampu menjawab dua pertanyaan ini. 

Kita semua pasti pernah memiliki guru yang hebat, dan sayangnya, sebagian besar dari kita punya guru yang tidak efektif. 

Lalu, kualitas apa yang menentukan seorang guru dapat disebut efektif dan tidak? 

Ini Dia 10 Kualitas guru yang efektif
  1. Guru yang efektif mencintai pekerjaannya mengajar. Guru yang tidak menikmati pekerjaannya tidak mungkin dapat bekerja efektif. 
  2. Guru yang efektif menunjukkan sikap yang peduli. Mereka akan meluangkan waktu untuk mengenal siswa secara pribadi, namun tidak melewati batas sehingga hubungan tersebut tidak menjadi terlalu pribadi. Guru efektif tahu betul bagaimana untuk menyeimbangkan hal ini. 
  3. Guru yang efektif dapat berhubungan dengan siswa nya. Guru-guru yang baik akan selalu bekerja keras untuk mencari tahu bagaimana membangun hubungan dengan masing-masing siswa. 
  4. Guru yang efektif bersedia untuk berpikir di luar kotak. Guru harus menemukan dan menerapkan strategi yang berbeda pada setiap siswa.. Guru harus bersedia untuk menjadi kreatif dan adaptif dalam pembelajaran. 
  5. Guru yang efektif adalah komunikator hebat. Tidak hanya terbatas kepada siswa, guru efektif juga harus menjadi seorang komunikator yang kuat dengan orang tua siswa serta orang-orang disekitar Anda. Jika ada kesulitan berkomunikasi dengan salah satu dari tiga kelompok ini, maka efektivitas sebagai seorang guru menjadi terbatas.
  6. Guru yang efektif proaktif daripada reaktif. Ini bisa menjadi salah satu aspek yang paling sulit bagi seorang guru. Tidak peduli seberapa baik Anda menyusun rencana, selalu akan ada kejutan. Namun, tindakan proaktif dapat mengurangi efek dari sesuatu yang tidak terduga ini, sehingga membuat Anda secara keseluruhan tetap lebih efektif.
  7. Guru yang efektif berusaha untuk menjadi lebih baik. Tidak peduli berapa lama Anda telah mengajar, pasti selalu ada yang baru setiap tahunnya, ada penelitian baru, teknologi baru dan alat-alat pendidikan baru dan bahkan kurikulum yang baru.
  8. Guru yang efektif menggunakan berbagai media pembelajaran. Generasi sekarang ini lahir di era digital. Siswa-siswa ini telah dibombardir oleh berbagai kemajuan teknologi. Guru efektif harus mampu untuk menerapkan berbagai bentuk media yang dapat digunakan dalam pembelajaran.
  9. Guru yang efektif menantang siswa. Itu berarti bahwa Anda menantang setiap salah satu siswa Anda dan memaksimalkan waktu Anda dengan mereka kemudian menguji mereka dengan sesuatu yang mereka anggap sudah tahu.
  10. Guru yang efektif memahami materi yang mereka ajarkan dan tahu betul bagaimana untuk menjelaskan konten tersebut dengan cara cara yang mudah difahami siswa. 
Itulah 10 Kualitas Guru Efektif  yang dapat diterapkan oleh guru di sekolah. Memang tidak mudah, tapi jika bersungguh-sunguh, Tuhan pasti membantu anda. 

Semoga bermanfaat, sumber: http://about.com/

Informasi Terbaru

Back To Top