Ini Caranya Menjadi Guru Yang Baik (Bagian 1)

Menjadi seorang guru yang baik dapat menjadi pekerjaan yang paling bermanfaat dan paling menarik di dunia, namun jika tidak bekerja secara efektif, pekerjaan menjadi guru dapat berubah menjadi tekanan (stress), sakit, dan bahkan sangat melelahkan. 

Berikut ini adalah beberapa tips menjadi guru yang baik yang bisa Anda terapkan.

Metode pertama :  Manajemen Kelas

1. Memberi contoh. Ingat bahwa Anda adalah guru. Penting bagi Anda untuk berperan sebagai figur "pahlawan super" di mata siswa. Ingat bahwa siswa Anda selalu memperhatikan setiap gerak gerik Anda dan dengan demikian mereka akan mencoba untuk meniru disposisi Anda. Jika Anda berbuat kasar atau melakukan perbuatan yang tidak pantas, mereka akan menunjukkan sikap yang tidak pantas dari perilaku mereka. Sangat penting bahwa siswa melihat Anda sebagai orang yang percaya diri, sehingga mereka akan dengan senang hati mengikuti langkah Anda, dan mereka akan merasa nyaman mempercayai Anda. Siswa dari tingkatan usia apapun, membutuhkan seseorang dimana mereka bisa bersandar, merasa diperhatikan, dan bisa mereka percayai.

2. Memiliki konsekuensi yang jelas. Mengatur konsekuensi spesifik bagi siswa yang melanggar aturan. Putuskan apa saja konsekuensi yang akan mereka dapatkan, kemudian menerapkannya secara konsisten. Konsekuensi tersebut harus mengikuti sebuah prosedur yang dapat dimulai dengan sinyal non-verbal seperti hanya melihat siswa, kemudian sinyal verbal berupa peringatan secara lisan, misalnya meminta siswa untuk berhenti berbicara, jika ini terus berlanjut maka akan ada konsekuensi berikutnya. Konsekuensinya terserah Anda atau tergantung pada kebijakan sekolah. Namun intinya adalah konsekuensi yang diberikan tersebut harus bersifat edukatif dan dapat memberi efek jera.

3. Berbelas kasih. Seorang guru yang hebat dapat membentuk hubungan yang kuat dengan siswanya dan menunjukkan bahwa mereka peduli sebagai sesama manusia. Guru harus ramah, terbuka, antusias dan peduli, Mereka akan selalu terbuka untuk membantu siswa bahkan pada saat diluar jam sekolah sekalipun.

4. Membuat beberapa aturan dasar. Anda setidaknya harus memiliki 3-5 aturan dan siswa anda harus tahu tentang hal ini. Ini adalah aturan yang harus dipatuhi oleh semua siswa sesuai konsekuensi yang telah diuraikan di atas. Untuk membuat aturan ini cobalah untuk berdiskusi dalam kelas kemudian siswa di minta untuk memberi beberapa masukan. Hal ini akan membuat siswa merasa di dengar dan di perhatikan, ini juga akan menunjukan bahwa Anda peduli terhadap pendapat dan masukan dari mereka, disamping itu, nantinya merekapun akan patuh karena peraturan tersebut dibuat bersama-sama mereka dan atas kesepakatan bersama. Selanjutnya Anda hanya bertindak sebagai mediator untuk memastikan bahwa aturan tersebut dapat diterapkan dengan benar. Beberapa aturan yang mungkin, misalnya, kelas harus tenang ketika guru sedang berbicara, saling menghormati, dan menyelesaikan pekerjaan rumah dan mengerjakan tugas di kelas.

5. Cobalah menjaga lingkungan yang kreatif.

6. Menjaga ketenangan di dalam kelas.

7. Jangan biarkan siswa Anda murung dan muram ketika mereka datang kepada Anda dengan membawa masalah mereka. Masalah tersebut bisa saja berkaitan dengan pelajaran atau bisa jadi diluar materi pelajaran, cobalah untuk selalu membantu siswa,  gunakankan berbagai media yang ada seperti internet atau perpustakaan. Disamping hal ini juga akan menambah pengetahuan dan wawasan Anda berdua.

8. Bertanya secara lisan kepada siswa tentang dasar-dasar sebelum anda melanjutkan mengajar materi secara lebih mendalam. Hapus basis poin yang tampaknya tidak diketahui oleh siswa Anda.

9. Ajukan pertanyaan yang lebih mendasar di kelas, daripada menanyakan sesuatu yang baru saja diajarkan. Setiap orang membutuhkan waktu untuk belajar, begitu juga siswa Anda.

10. Ciptakanlah persaingan dalam aspek positif di kelas.

11. Cerdaslah untuk selalu mengalihkan perhatian siswa dari segala sesuatu yang lain kepada topik yang sedang di bahas agar mereka menjadi lebih fokus.

12. Menarik minat siswa dalam topik bukannya memerintahkan mereka untuk belajar.

13. Fahami bahwa setiap topik yang ada dalam buku pasti memiliki beberapa aplikasi praktis. Jangan lupa untuk membahas bagian tersebut karena itu juga merupakan hal yang paling penting.

Sumber: http://www.wikihow.com/

Informasi Terbaru

Back To Top