Benarkah Verifikasi dan Validasi Proses Pembelajaran (Verval PP) Tugas Operator Sekolah ?.

Info Kuipper School.
Proses pembelajaran merupakan proses belajar dan mengajar yang mengorganisir dengan sistematis komponen pendidik, peserta didik dan substansi pendidikan, serta sarana dan prasarana untuk mencapai target yang telah ditentukan sebelumnya. 

Keberhasilan pendidikan dapat digambarkan dari data yang diambil pada saat proses pembelajaran dengan mengukur input, proses dan output pembelajaran, sehingga data ini merupakan kumpulan data yang tersusun rapih dari semua data yang berkaitan dengan peserta didik, satuan pendidikan, pendidik dan tenaga kependidikan yang merupakan salah satu bagian dari data pokok pendidikan.

Tujuan dari Proses Verifikasi dan Validasi Data Proses Pembelajaran adalah melakukan verifikasi kesesuaian data proses pembelajaran pada setiap satuan pendidikan menurut kabupaten/kota menurut standar yang sudah ditentukan yaitu Standar Nasional Pendidkan (SNP) dan Standar Pelayanan Minimal (SPM) pendidikan. hasil dari kegiatan ini seterusnya diolah menjadi informasi yang merupakan gambaran proses pembelajaran yang diperlukan melakuka strategi dalam pembinaan dan pengelolaan satuan pendidikan termasuk PTK dan Peserta Didik.

Aplikasi Proses Verivikasi dan Validasi Proses Pembelajaran dilakukan dengan rumus yang berbasis pada indikator yang dikembangkan berdasarkan SNP dan SPM, dalam sistem ini dihasilkan catatan-catatan berupa kesesuaian dan konsistensi dari kegiatan PBM di satuan pendidikan dengan standard yang telah ditentukan. 

Untuk dapat menjalankan aplikasi ini operator harus memiliki user name dan password yang didapat pada http://sdm.data.kemdikbud.go.id/. dari semua uraian tersebut diatas jelas sekali bahwa Verivikasi dan Validasi Proses Pembelajaran merupakan tugas seorang Operator.

Informasi Terbaru

Back To Top