Aturan Seragam Sekolah Jenjang Sekolah Dasar dan Menengah

Info Kuipper School.
Menjelang tahun pelajaran baru, berbagai persiapan orang tua terhadap anak yang sedang menempuh pendidikan terutama bagi mereka yang anaknya memasuki jenjang pendidikan yang baru dari TK ke SD/Sederajat,  dari SD ke SMP/Sederajat. atau dari SMP ke SMA/Sederajat. Salah satu persiapan yang harus dilakukakan adalah menyediakan seragam sekolah, agar tidak salah dalam menyediakan seragam sekolah kepada putra-putrinya ada baiknya melihat aturan resmi tentang seragam sekolah.
 
Aturan mengenai Pakaian seragam sekolah termaktub dalam permendikbud nomor 45 tahun 2014 tentang Pakaian Seragam Sekolah Bagi Peserta Didik Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah.
 
Bab I, pasal 1 ayat 2 menyatakan bahwa: "Pakaian seragam nasional adalah pakaian yang dikenakan pada hari belajar oleh peserta didik di sekolah, yang jenis, model, dan warnanya sama berlaku secara nasional".
 
Adapun mengenai tujuan pemakaian seragam sekolah ditentukan dalam Bab II pasal 2 tentang penetapan pakaian seragam sekolah sebagai berikut:
  1. Menanamkan dan menumbuhkan rasa nasionalisme, kebersamaan, serta memperkuat persaudaraan sehingga dapat menumbuhkan semangat kesatuan dan persatuan di kalangan peserta didik;
  2. Meningkatkan rasa kesetaraan tanpa memandang kesenjangan sosial ekonomi orangtua/wali peserta didik;
  3. Meningkatkan disiplin dan tanggungjawab peserta didik serta kepatuhan terhadap peraturan yang berlaku; dan
  4. Menjadi acuan bagi sekolah dalam menyusun tata tertib dan disiplin peserta didik khususnya yang mengatur pakaian seragam sekolah.
Jenis Seragam Sekolah terdiri dari
  1. Pakaian seragam nasional;
  2. Pakaian seragam kepramukaan; atau
  3. Pakaian seragam khas sekolah. 
Pengadaan seragam sekolah ini diusahakan sendiri oleh orang tua atau wali peserta didik (Bab IV Pasal 4 ayat 1.

Itulah beberapa pasal mengenai aturan seragam sekolah untuk jenjang Sekolah Dasar dan Jenjang Sekolah Menengah. aturan secara lengkap dapat di download pada link berikut: Permendikbud Nomor 45 Tentang Seragam Sekolah

Informasi Terbaru

Back To Top