Alur Pengajuan Pendaftaraan Peserta dan Proses Diklat Interaksi Online (DIO)

Info Kuipper School.

Keberadaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan profesional memiliki peran, tugas, dan fungsi, amat penting dalam mewujudkan tujuan bangsa ini yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa. lebih luas mampu berpartisipasi dalam setiap pembangunan nasional untuk mewujudkan manusia Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki jiwa estetis, etis, berbudi pekerti luhur, dan berkepribadian. 
Sebagai langkah nyata dalam mengaktualisasikan pendidik dan tenaga kependidikan sebagai tenaga profesional, Kemendikbud mengembangkan suatu program fasilitasi melalui sistem Diklat Interaksi Online (DIO) agar semua guru dapat meningkatkan profesionalitasnya melalui program kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). 

Untuk dapat mengikuti kegiatan Diklat Interaksi Online (DIO), Pendidik dan Tenaga Kependidikan harus terdaftar sebagai Peserta Diklat Interaksi online dengan melakukan pendaftaran, yang harus dilakukan oleh masing-masing Pendidik dan Tenaga Kependidikan melalui beberapa tahap sebagai berikut :

Tahap Pertama, Pengajuan Kepesertaan dapat dilakukan dengan mengakses  http://siap.padamu.id. secara mandiri melalui aplikasi SIAP PADAMU NEGERI. Adapun prosedur pengajuannya dapat dilihat pada diagram alir dibawah ini:

Tahap Kedua, melakukan pengajuan kepesertaan melalui aplikasi Padamu Negeri adalah sebagai berikut :
Alur pengajuan peserta DIO

  1. Akses ke laman Padamu Negeri, dan login menggunakan akun Padamu PTK yang anda miliki
  2. Pilih menu DIO pada menu layanan dan klik tombol AJUAN PESERTA yang tertera pada laman kerja utama
  3. Pilih sekolah inti sebagai PUSAT BELAJAR (PB) yang hendak anda ikuti beserta jadwal kegiatannya. Dan klik tombol BENAR & LANJUT jika telah anda telah selesai
  4. Periksalah kembali ajuan anda, anda akan di beri 3 opsi pilihan yaitu :
  • BATAL – untuk melakukan pembatalan pengajuan 
  • PILIH DIO LAIN – untuk melakukan perubahan kelas dan jadwal 
  • SIMPAN – apabila anda merasa ajuan anda sudah benar 
Tahap Ketiga,  Cetaklah surat ajuan untuk kemudian mendapatkan persetujuan dari pihak yang berwenang dan bawalah ke masing-masing Dinas Pendidikan wilayah anda. 

dengan berbagai kelebihan yang dimiliki oleh Sistem Diklat Interaksi Online ini diharapkan guru dapat meningkatkan profesionalitasnya dengan perkembangan profesi berkelanjutan.

Informasi Terbaru

Back To Top