7 Langkah Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis TIK

Info Kuipper School.
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, telah berdampak kepada dunia pendidikan terutama dalam sistem pembelajaran, salah satunya adalah penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran, meskipun tahapan ini sudah mulai ditinggalkan akan tetapi dengan berbgai kemudahan penggunaan multimedia dalam pengmbangan bahan ajar masih layak untuk digunakan.
Beriku tujuh langkah dalam mengembangkan multimedia pembelajran dengan mudah
  1. Menentukan Jenis Multimedia pembelajaran yang akan digunakan
    Sebelum memulai untuk membuat multimedia pemebelajaran maka langkah pertama adalah menentukan jenis multimedia, yang akan dibuat sebagaimana diketahui multimedia pembelajaran dibagi menjadi dua, yaitu multimedia presentasi pembelajaran dan multimedia pembelajaran mandiri.
  2. Menentukan tema materi bahan ajar yang akan dibuat multimedianya 
    Pemilihan materi bahan ajar yang tepat, bukan hanya menentukan keberhasilan dalam menyampaikan materi kepada peserta didik, tetapi juga kesuksesan dalam membuat multimedia pembelajaran, karena pada prinsipnya pembuatan multi media pembelajaran adalah agar para siswa dapat dengan mudah memahami materi yang guru sampaikan.
  3. Menentukan Alur Cerita
    Alur cerita (storyboard), dapat dibuat sesuai dengan kemampuan para guru, namun pembuatan alur cerita sangat penting karena akan memudahkan peserta didik terhadap keseluruhan materi secara berurutan.
  4. Jangan Ragu untuk melakukan teknik ATM (Amati, Tiru, Modifikasi)
    terkadang untuk membuat sesuatu yang baru akan menyita banyak energi dan waktu oleh sebab itu melihat contoh dan memodifikasi hasil karya orang lain terkadang hasilnya memuaskan, walalupun hasil karya sendiri itu jauh lebih diutamakan
    Buat sendiri apabila mampu.
  5. Menentukan Target
    Target yang dibuat mekipun muluk tetapi sebenarnya target yang utama adalah kapan harus memulai, sedangkan target yang lain akan menyusul dengan sendirinya sebagai bonus.
  6. Putuskan untuk memulai
    Berkaitan dengan langkah nomor 6, sebenarnya langkah ini akan terbentuk dengan sendirinya pada saat anda menentukan target, mulailah dengan dari yang paling mudah dan sederhana sesuai kemampuan dan sumberdaya yang anda miliki.
  7. Selalu mengingat cerita sukses
    Terkadang dalam mengerjakan sesuatu kita merasakan kejenuhan, begitupun dengan pembuatan mulitmedia pembelajaran yang akhirnya akan membuat putus asa dan kembli kepada kebiasaan lama sebagai zona nyaman dimana pembelajaran diberikan dengan metode itu-itu saja. Apalagi ditunjang dengan berbagai alasan seperti ketiadaan sarana dan prasarana dan keuangan, Namun banyak kisah sukses yang hanya ditentukan oleh tiga faktor berikut:
  • Pantang menyerah (gigih)
  • Belajar sendiri (otodidak) 
  • Berani mencoba lagi dan lagi
Meskipun tujuh langkah tersebut kelihatannya manis dan mudah untuk dilaksanakan namun pada prakteknya diperlukan perjuangan dan kerja keras, dan akan terbalas dengan hasil yang memuaskan. selamat mencoba. terima kasih

Informasi Terbaru

Back To Top