5 Tips Menghadapi Tahun Pelajaran Baru bagi Siswa

Info Kuipper School.
Bagi orang tua yang perduli akan kemajuan putra-putrinya, pasti akan berusaha memberikan yang terbaik termasuk dalam pendidikan terutama dalam memilih sekolah yang akan ditempuh dalam menyelesaikan pendidikannya.

Orang tua akan berusaha semaksimal mungkin dalam mempersiapkan segala sesuatu dalam menghadapi hari-hari pertama di sekolah baru dan sebagai siswa baru. selain orang tua anakpun harus memiliki persiapan yang maksimal, berikut akan kami sajikan beberapa tips yang harus disiapkan oleh seorang siswa dalam menghadapi tahun pelajaran baru dan tentu saja di sekolah baru. 

Beberapa hal yang pasti akan dihadapi oleh siswa dalam menghadapi tahun pelajaran baru baik sebagai siswa baru maupun siswa yang mengalami kenaikan kelas diantaranya kelas baru, wali kelas baru, teman-teman baru, pelajaran baru, atau sekolah baru, kendala yang utama adalah proses adaptasi atau penyesuaian diri dari siswa terhadap perubahan lingkungan tersebut, apalagi seluruh siswa telah menghabiskan masa liburan sekolah maka mereka harus kembali menyesuaikan diri dengan berbagai aktivitas sebagai seorang siswa. 

Kondisi seperti ini akan beragam bagi siswa dalam merespon keadaan ini, ada siswa yang sudah tak sabar dengan hari pertama masuk sekolah, ada siswa yang biasa-biasanya saja atau ada pula yang malah terbebani dengan keadaan ini.

Untuk kelompok siswa pertama dan kedua tahun ajaran baru mungkin bagi mereka tidak akan mempengaruhi prestasinya, tetapi untuk katagori terakhir kondisi kenaikan kelas atau tahun pelajaran baru akan berpengaruh terhadap prestasinya, oleh sebab itu agar siswa tidak merasa tertekan dengan perubahan ini dan sukses dalam menempuh pendidikan di tingkat yang baru ini maka langkah berikut ini akan sangat bermanfaat dalam mengurangi tekanan persaingan diantaranya:
  • Menerima Keadaan Sekolah Baru
Sekolah baru biasanya adalah pilihan dari seorang anak, baik itu berdasarkan kesadaran pribadi maupun karena ajakan teman-temannya, oleh sebab itu dalam memasuki sekolah baru, maka harus menerima sekolah apa adanya, seperti, sekolah baru, teman baru dan kebiasaan baru. 
  • Kenali Tradisi sekolah
Mengenali tradisi sekolah terutama, pada masa awal-awal kegiatan sekolah misalnya, masa orientasi peserta didik baru.
  • Temukan Teman Lama
Agar merasa tidak canggung dan sendirian, carilah teman lama yang mungkin masuk disekolah ini, hal ini akan menambah rasa percaya diri dan tentu saja jangan melupakan untuk berkenalan dengan teman baru
  • Berkenalan dengan Teman Baru
Tambahlah teman dengan berkenalan hilangkan rasa canggung dan jangan ragu-ragu untuk proaktif dalam berkenalan karena mungkin merekapun akan merasa canggung sebagi teman baru, dengan memulai terlebih dahulu untuk berkenalan akan membuka jalan untuk orang lain akan berkenalan terutama teman seangkatan.
  • Menjaga Tatakrama dan Berperilaku Sopan
Setiap orang pasti akan menyenangi orang yang berperilaku sopan, dengan tutur kata yang lemah lembut namun tidak rendah diri, hindari perilaku untuk mencari perhatian yang berlebih karena akan menjadi bumerang dan membuat beberapa pihak tidak menyukainya. 

Ibarat pohon semakin tinggi maka semakin kuat angin menerpa, begitupun dengan skolah semakin tinggi jenjang yang ditempuh maka semakin besar pula tantangan yang harus dihadapi. semoga tahun pelajaran baru ini dapt dihadapi dengan sukses oleh orang tua dan siswa dalam menempuh pendidikannya

Informasi Terbaru

Back To Top