5 Langkah Prioritas Dalam Memilih Sekolah Terbaik

Info Kuipper School.
Menjelang tahun pelajaran 2015/2016, sekolah mulai berlomba-lomba untuk merekrut peserta didik agar menempuh pendidikan dilembaganya dengan menawarkan berbagai program yang dijanjikan terutama dengan memberikan berbagai kemudahan seperti adanya program beasiswa, fasilitas yang lengkap, kegiatan ektrakurikuler, dll.

Sebagai orang tua terutama bagi orang tua yang tahun ini akan memasukan anak-anaknya ke jenjang sekolah yang lebih tingg, baik SD, SMP, SMA/SMK harus selektif dalam memilih sekolah agar tidak terjebak karena pendidikan yang baik akan menentukan kesuksesan anak dimasa yang akan datang, dengan kata lain kesalahan dalam memilih lembaga pendidikan akan memberikan peluang terhadap kegagalan kehidupan dimasa yang akan datang.

berikut beberapa tips bagi orang tua dalam memilih sekolah untuk putra-putrinya:

  1. Memilih sekolah yang memiliki tenaga pendidikan dan kependidikan yang berkualitas
    Untuk mengetahui tingkat kualitas tenaga pendidikan dan kependidikan yang dimiliki oleh sekolah dapat dilihat darimana asal pendidikannya serta dapat dilihat dari benyaknya guru atau pendidik yang telah memiliki sertifikat pendidi, sebagai ukuran dari profesionalime seorang guru, selain itu dapat juga dilihat dari alumni sekolah tersebut, karena siswa yang berprestasi dipastikan didik oleh guru yang hebat.
  2. Memilih sekolah yang memiliki sarana dan prasarana sekolah yang lengkap
    Keberadaaan fasilitas akan menunjang keberhasilan proses pendidikan di sekolah, untuk orang tua harus memastikan bahwa fasilitas berupa sarana dan prasaran yang dimiliki oleh sekolah bukan merupakan hiasan tetapi harus benar-benar dapat digunakan dengan optimal untuk proses pendidikan di sekolah.
  3. Memilih sekolah yang mengedepankan prestasi siswa dalam segala bidang, bukan hanya akademik.
    Orang tua memiliki pengetahuan yang lebih dibandingkan siapapun terhadap potensi atau minat dan bakat yang dimiliki oleh anaknya, oleh sebab itu memilih sekolah yang dapat membina dan mengembangkan potensi anak harus menjadi salah satu pertimbangan yang dominan.
  4. Memilih sekolah yang tidak terlalu jauh dari rumah
    Kegiatan sekolah terkadang bukannya hanya berlangsung di dalam lingkungan sekolah tetapi juga diluar lingkunga sekolah seperti belajar kelompok, lokasi yang tidak terlalu jauh akan memudahkan pemantauan oang tua terhadap kegiataan anaknya jika ada berbagai tugas dari sekolah yang dilakukan diluar lingkungan sekolah.
  5. Memilih Sekolah yang memiliki akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaannya
    Pada saat orang tua memilih lembaga untuk menyekolahkan anaknya, pada saat itu sekolah telah memberikan kepercayaan yang besar akan harta yang paling berharga yang dimilikinya yaitu putra-putrinya, oleh sebab itu memilih sekolah yang terbuka dalam manajemen terutama dalam mencapai tujuan terhadap kesuksesan peserta didik harus diperhatikan.
Itulah beberapa cara dalam memilih sekolah bagi orang tua, dan tentunya juga berlaku bagi para pengelola sekolah untuk menyesuaikan sekolah terhadap minat orang tua dalam menyekolahkan putra-putrinya. semoga bermanfaat dan terima kasih

Informasi Terbaru

Back To Top