Yang Harus Diketahui Dan Dipersiapkan Sebelum Kuliah Di Amerika Serikat

Setelah menyelesaikan pendidikan pada tingkat SMA, sebaiknya segera mempersiapkan untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi, baik ke universitas, akademi, maupun sekolah tingggi. Mau yang negeri ataupun yang swasta, masing-masing mempunyai persyaratan yang harus di lalui oleh para calon mahasiswanya.

Begitupun bagi para luluusan sekolah tingkat atas yang memilih melanjutkan pendidikan tingkat tingginya ke luar negeri, ada cara yang dapat ditempuh dalam memilih jurusan juga pertimbangan biaya. Apakah mau dengan cara beasiswa ataupun yang berkemampuan bisa dengan biaya mandiri.

Sebelum memutuskan untuk melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri, ada baiknya negara yang dijadikan tujuan dapat kita tentukan, kita pelajari terlebih dahulu untuk mengetahui sistem pendidikan yang berlaku disana, serta biaya pendidikan dan biaya hidup yang harus dipersiapkan.
Baca juga: Mau Kuliah Di Australia? Ini Dia Persiapan Yang Harus Dilakukan
Kali ini kami mencoba berbagi informasi untuk mengetahui lebih dekat mengenai pendidikan di Amerika Serikat, karena dewasa ini di Amerika Serikat menjadi salah satu pilihan untuk menempuh pendidikan, disana terdapat kurang lebih 10.000 buah lembaga pendidikan, termasuk universitas, college, dll, namun hanya +/- 3.000 buah diantaranya yang diakui (accredited) oleh pemerintah Amerika Serikat. Oleh karena itu dianjurkan agar para siswa berhati-hati dan selektif dalam menentukan pilihan sekolahnya.

Sangat penting untuk memilih sekolah yang berakreditas karena standar minimum mutunya terjamin dan kredit-kredit yang diperoleh dapat di transfer ke universitas-universitas lain. Untuk mengetahui lebih jauh mengenal pendidikan di Amerika Serikat berikut beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam membedakan jenis pendidikan tinggi di negara paman Sam ini.
  1. UNIVERSITY : Perguruan tinggi yang memberikan gelar Bachelor dan Master sampai Doktor dan sering kali terdiri dari beberapa college. 
  2. COLLEGE: Umumnya Swasta dan lebih kecil dari university dan memberikan gelar sampai Bachelor, tetapi ada juga college yang memberikan gelar sampai Master.
  3. INSTITUTE OF TECHNOLOGY: Memberikan gelar Bachelor dan Master dan umumnya lebih menonjol untuk bidang Engineering dan Science.
  4. JUNIOR COLLEGE: Sering disebut Community College, merupakan pendidikan tinggi negeri yang memberikan program kejuruan/non gelar dan Associate Degree (2th) yang dapat ditransfer ke University untuk menyelesaikan Gelar Bachelor.
Dari penjelasan istilah di atas dapat dilihat bahwa sebuah Perguruan Tinggi di Amerika Serikat tidaklah selalu menggunakan predikat "University"

SISTEM PERKULIAHAN

Satu tahun kuliah (Academic Year) di USA adalah 9 bulan, sedang liburan musim panas adalah 3 bulan, Para siswa dapat tetap kuliah pada musim panas, yang berarti akan mempersingkat waktu kuliahnya. Misalnya untuk program BSc/BA yang seharusnya 4 tahun dapat dicapai dalam 3 tahun. Perguruan tinggi Amerika Serikat ada yang menggunakan Sistem Kredit Semester dan Sistem Kredit Kwartal.

Sistem Semester biasanya dimulai pada bulan Agustus (Fall), Januari (Spring) dan Mei (Summer). Sistem Kwartal biasanya dimulai pada bulan September (Fall), Januari (Winter), Maret (Spring) dan Juni (Summer).

SYARAT MASUK UNIVERSITAS

Pada umumnya tidaklah mudah untuk dapat langsung diterima pada universitas-universitas top di Amerika karena persyaratan masuknya yang sangat tinggi karena persaingan yang ketat, dan harus diingat pula bahwa universitas-universitas terkenal tersebut sudah menutup pendaftaran 1 tahun di muka.

Bagi siswa Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah di universitas termasyur, maka hal itu dapat dicapai dengan terlebih dahulu kuliah di salah satu universitas menengah atau college yang accredited, dapatkan nilai yang baik, kemudian pindah/transfer ke universitas terkenal.

Penting untuk dipersiapkan pula adalah menguasai bahasa Inggris secara aktif dan lancar yang dinyatakan dengan TOEFL (nilai 61+), jika belum ada, dapat mengikuti penataran bahasa di Amerika, tidak harus diambil di Indonesia. Sebagian universitas juga memerlukan test SAT. Serta inilah yang akan menentukan lanjut atau tidaknya pendidikan dapat berjalan dengan baik yaitu mempunyai dana yang cukup untuk biaya kuliah dan hidup selama di Amerika.

Perkiraan anggaran biaya kuliah dan hidup di Amerika pertahun akademik:
  • UANG KULIAH (9 BLN) US$ 5,000 - 40,000
  • TEMPAT TINGGAL & MAKAN 9 BULAN US$ 5,000 -18,000
  • MUSIM PANAS (3 BLN) US$ 3,000 - 5,000
  • UANG SAKU US$ 3,500 - 4,500
  • BUKU & ASURANSI US$ 1,000 - 1,500
DOKUMEN YANG DIPERLUKAN 
  • Photocopy Raport dan Ijazah SMA yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah - 3 lembar
  • Surat Referensi Bank dari pembiaya
  • Pas photo ukuran 5x5 cm sebanyak 5 lembar (background putih)
  • Photocopy Akte Kelahiran dan Pasport
  • TOEFL Test (yang sudah ada)
  • SAT (bila diperlukan)
Dokumen-dokumen tersebut di atas ditambah :
  • Photocopy Transkrip dari universitas yang dilegalisir 4 lembar + amplop universitas
  • Surat Rekomendasi dari Dekan dan 2 orang Dosen/Perusahaan
  • Silabus (untuk transfer)
  • Ijazah Sarjana yang dilegalisir- 4 lembar
  • GMAT/GRE Test (yang sudah ada)
  • Essay & Cv 
Demikianlah informasi singkat dalam mempersiapkan pendidikan di Amerika, semoga informasi  ini akan menambah pengetahuan yang kita butuhkan..!

Informasi Terbaru

Back To Top