Pedoman Penilaian Program Pembelajaran PAUD Holistik Integratif Tahun 2015

Pengembangan program pembelajaran / kurikulum Taman Kanak-kanak sebagai panduan pengembangan program pembelajaran di Taman Kanak-kanak ini merupakan panduan umum yang pelaksanaannya disesuaikan dengan kemampuan pendidik, sarana dan prasarana yang tersedia, perkembangan peserta didik serta kondisi setempat.

Oleh karena itu, sesuai dengan prinsip manajemen berbasis sekolah di TK, sekolah memiliki kewenangan untuk mengembangkan dalam kegiatan pembelajaran. 
Pengembangan program pembelajaran di TK dapat dilakukan oleh guru secara perorangan atau kelompok melalui kelompok kerja guru (KKG) atau dikoordinasikan oleh dinas pendidikan setempat, akan tetapi dalam penyusunan rencana kegiatan harian harus disusun oleh setiap pendidik. Karena pendidik memiliki tanggung jawab langsung terhadap perkembangan peserta didik, mengenal karakteristik, dan kondisi lingkungannya. 
Untuk Prosedur dan instrument penilaian proses dan hasil belajar melalui bermain di TK disesuaikan dengan indikator pencapaian perkembangan anak dan mengacu pada standar penilaian. Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengelolaan informasi untuk menentukan tingkat pencapaian perkembangan anak , penilaian sendiri mencakup diantaranya adalah sebagai berikut ;

Teknik 
Pengamatan, penugasan, unjuk kerja, pencatatan anekdot, percakapan/dialog, laporan orangtua, dan dokumentasi hasil karya anak (portofolio), serta deskripsi profil anak. 

Lingkup
  1. Mencakup seluruh tingkat pencapaian perkembangan peserta didik
  2. Mencakup data tentang status kesehatan, pengasuhan dan pendidikan. 
Proses
  1. Dilakukan secara berkala, intensif, bermakna, menyeluruh, dan berkelanjutan
  2. Pengamatan dilakukan pada saat anak melakukan aktivitas sepanjang hari
  3. Secara berkala tim pendidik mengkaji-ulang catatan perkembangan anak dan  berbagai informasi lain termasuk kebutuhan khusus anak yang dikumpulkan dari hasil catatan pengamatan, anekdot, check list, dan portofolio. 
  4. Melakukan komunikasi dengan orang tua tentang perkembangan anak termasuk kebutuhan khusus anak 
  5. Dilakukan secara sistematis, terpercaya dan konsisten
  6. Memonitor semua aspek tingkat pencapaian perkembangan anak
  7. Mengutamakan proses dampak hasil
  8. Pembelajaran melalui bermain dengan benda konkret 
Pengelolaan Hasil
  1. Pendidik membuat kesimpulan dan laporan kemajuan anak berdasarkan  informasi yang tersedia
  2. Pendidik menyusun dan menyampaikan laporan perkembangan anak secara tertulis kepada orangtua secara berkala, minimal sekali dalam satu semester
  3. Laporan perkembangan anak disampaikan kepada orangtua dalam bentuk  laporan lisan dan tertulis, disertai saran-saran yang dapat dilakukan orangtua di rumah. 
Tindak Lanjut
  1. Pendidik menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kompetensi diri
  2. Pendidik menggunakan hasil penilaian untuk memperbaiki program, metode, jenis aktivitas/kegiatan, penggunaan dan penataan alat permainan edukatif, alat kebersihan dan kesehatan, serta untuk memperbaiki sarana dan prasarana termasuk untuk anak dengan kebutuhan khusus. 
  3. Mengadakan pertemuan dengan orangtua / keluarga untuk mendiskusikan dan melakukan tindak lanjut kemajuan perkembangan anak 
  4. Pendidik merujuk keterlambatan perkembangan anak kepada ahlinya melalui orangtua 
  5. Merencanakan program pelayanan untuk anak yang memiliki kebutuhan khusus.

Informasi Terbaru

Back To Top