Kuliah Di Inggris Yang Mengasyikan Inilah yang Harus Diketahui

Menempuh pendidikan di negara Inggris atau biasa disebut dengan United Kongdom (UK) adalah salah satu tempat yang dipilih oleh para pelajar asal Indonesia untuk selanjutnya mendapatkan gelar kesarjanaan yang diberikan oleh universitas atau perguruan tinggi disana.

Universitas di Inggris sejak berabad-­abad lalu dan Centre of Excellence-nya yang terkenal diantaranya Cambridge University dan Oxford University berhasil menarik pelajar dari seluruh dunia untuk menuntut ilmu di Inggris. Kuliah di perguruan tinggi (universitas) di Inggris dengan British Systemnya sangat terkenal akan kualitas pendidikannya yang sangat tinggi.

Untuk memulai perkuliahan di negara ini pada umumnya permulaan tahun kuliah adalah pada bulan September, tetapi ada juga beberapa Universitas yang menerima siswa pada bulan Januari/Februari untuk jurusan-jurusan tertentu. Dengan mengetahui jadwal pembukaan pendaftaran perkuliahan ini persiapan dapat dilakukan menyesuaikan waktu yang di inginkan oleh para calon mahasiswa dari berbagai negara. 
Di Inggris terdapat banyak sekali program-program pendidikan non gelar yang bersifat praktis dan lebih singkat (biasanya +/- 1-2 tahun). Lulusan program ini akan mendapatkan Sertifikat atau Diploma, diantaranya yang disebut HND (Higher National Diploma), HNC (Higher National Certificate) dan BTEC.  Untuk masuk program non gelar ini tidak diperlukan GCE "A" Level.

Program S-2 (Master) di Inggris rata-rata adalah 1 tahun, dengan demikian biaya akan lebih hemat dan selesai lebih cepat dibanding rata-rata Program Master di negara lain. Untuk Program Master dengan riset memerlukan waktu yang lebih panjang.

Sebelum membahas lebih lanjut persyaratan yang mesti disiapkan agar keinginan untuk kuliah dinegara ini dapat terlaksana sesuai dengan aturan yang berlaku disana, Bagi siswa-siswa SMP atau yang belum tamat dari SMA dapat juga melanjutkan SMA-nya di Inggris (GCSE & 'A' Level), untuk kemudian melanjutkan ke universitas.

Beberapa persyaratan untuk memasuki univversitas di Inggris antara lain:

Untuk Tingkat Bachelor (S-1)
  • Lulusan SMA dan Foundation, atau lulusan "A" Level 
  • Menguasai Bahasa Inggris secara mahir 
  • Mempunyai biaya yang cukup untuk selama sekolah di Inggris 
Untuk Tingkat Master (S-2)
  • Syarat minimum pendidikan, lulusan S-1
Perkiraan biaya kuliah dan biaya hidup di Inggris per tahun adalah sbb:
  • Uang kuliah £ 4,500 - 15,000
  • Tinggal & makan £ 5,000 - 8,000
  • Uang saku £ 2,500 - 3,000
  • Buku-buku £ 500 - 1,000
  • Total £ 12,500 - 27,000
Dari perkiraan biaya perkuliahan, sebaiknya diketahui pula bahwa anggaran biaya untuk sekolah bahasa beserta biaya hidup di Inggris adalah sekitar : £: 1,500 - 2,000/ bulan.

DOKUMEN - DOKUMEN YANG DIPERLUKAN
  1. Photocopy Raport dan Ijazah SMA yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah (3 lembar), dan hasil test IELTS 
  2. Surat Referensi Bank dari Pembiaya, beserta rekening koran 3 bulan terakhir 
  3. Pas photo ukuran 2,5 x 3,5 cm (5 lembar) . 
  4. Pasport 
  5. Akte Kelahiran 
UNTUK PROGRAM S-2 DITAMBAH:
  1. Transcript dari universitas yang dilegalisir (3 lembar)
  2. Ijazah S-1
  3. Surat Rekomendasi dari Dekan/Dosen dan dari Perusahaan apabila pernah bekerja
  4. Essay dan CV/Resume
Setelah segala persiapan akademik, dokumen serta persiapan biaya yang tercantum diatas, semoga akan menjadi bekal bagi para calon mahasiswa yang akan menempuh pendidikan sarjana strata satu ataupun strata dua yang nantinya akan mendapat gelar Bachelor dan Master, hingga dapat mengabdikan ilmu yang diperoleh untuk kebaikan pribadi, keluarga dan lingkungan.
Baca juga: Yang Harus Diketahui Dan Dipersiapkan Sebelum Kuliah Di Amerika Serikat 

Informasi Terbaru

Back To Top