Jerman !! Pilihan Tepat Untuk Melanjutkan Kuliah Bebas Biaya Di Luar Negeri

Di beberapa belahan negara eropa yang menganut negara kesejahteraan, bidang pendidikan merupakan salah satu yang mendapat perhatian khusus dari pemrintahnya, sehingga bagi siapapun yang menempuh pendidikan di negara ini akan mendapat jaminan bebas biaya atau keringanan biaya jika tidak masuk dalam klausul yang dijamin pemerintahnya hingga ke tingkat pendidikan tinggi atau universitas.

Salah satu negara yang menjamin biaya pendidikan hingga pada tingkat pendidikan tinggi adalah negara Jerman, mengingat tingkat kemakmuran negara ini sangat mencukupi untuk menjamin segala kebutuhan warga negaranya, dan yang paling penting jaminan kesejahteraan untuk warga negara ini tercantum dalam konstitusi serta menjadi komitmen pemerintah yang memimpin disana.
Pendidikan di negara Jerman khusus mengenai pendidikan tingginya sekilas dapat kita pelajari bahwa Jerman sangat terkenal dan maju dalam teknologi. Universitas- universitas di Jerman pada umumnya adalah universitas negeri dengan standard yang hampir sama.

Universitas-universitas di Jerman umumnya tidak mengenakan biaya kuliah, baik untuk siswa-siswi Jerman atau siswa asing. Biaya yang harus dikeluarkan adalah biaya hidup (tinggal dan makan), transport, asuransi, buku-buku dan iuran universitas, yang besarnya antara : € 1,000-1,500/ bulan.

Selain Universitas, di Jerman terdapat juga bermacam sekolah tinggi yang lain, misalnya Polytechnic dan Fachhochschule yang lebih menekankan pada pendidikan praktis. Biaya sekolah bahasa Jerman termasuk biaya hidup sekitar € 1,600 - € 2,500/ bulan.
Bahasa pengantar di universitas-universitas di Jerman adalah Bahasa Jerman, akan tetapi dewasa ini semakin banyak diselenggarakan program-program Internasional yang menggunakan bahasa Inggris walaupun masih terbatas pada universitas-universitas tertentu untuk jurusan tertentu.

Gelar Diploma biasanya diberikan untuk jurusan-jurusan Teknik, Science, Ekonomi dan Sosiologi. Sedangkan MA diberikan untuk jurusan Seni, Filsafat dan Sastra. Penerimaan siswa di sekolah-sekolah Jerman dilakukan 2 x setahun yaitu :
  •  Musim panas (April) dan
  •  Musim dingin (Oktober)
Sedangkan waktu penutupan pendaftaran yang harus diperhatikan adalah :
  • Musim panas (15 Januari) dan
  • Musim dingin (15 Juli)
SYARAT MASUK UNIVERSITAS
  1. Lulusan SMA dengan angka yang baik ( rata-rata diatas 7)
  2. Menguasai bahasa Jerman dengan lancar. (min, Mittle Stufe/lntermediate)
  3. Lulus dari Studien Kolleg (semacam Foundation)
  4. Mempunyai biaya yang cukup selama tinggal di Jerman.
  5. Untuk program-program internasional, syarat bahasa Jerman diganti dengan bahasa Inggris (TOEFL/IELTS), dan tanpa melalui Studien Kolleg.
DOKUMEN - DOKUMEN YANG DIPERLUKAN
  1. Photocoy Ijazah SMA yang telah dilegalisir oleh Kepala Sekolah dan Kanwil Depdiknas -4 lembar. 
  2. Pas photo ukuran 4x6 cm - 5 lembar 
  3. Surat Jaminan dari sponsor/pembiaya yang disahkan Kedubes Jerman. 
  4. Pasport dan Surat keterangan sehat dari dokter. 
  5. Mempunyai biaya yang cukup, dengan membuka rekening khusus untuk biaya hidup tahun pertama.
Dikarenakan banyaknya kemudahan yang diberikan oleh pemerintah Jerman, saat ini menurut informasi negara ini dijadikan sebagai negara pavorit untuk melanjutkan pendidikan tinggi di daratan Eropa oleh para pelajar asal Indonesia juga negara-negara asia lainnya.

Tertarik untuk melanjutkan pendidikan atau kuliah di Jerman ? Segeralah untuk melakukan segala persiapan, agar segala persyaratan yang harus di lengkapi dapat anda penuhi dengan baik.
Baca juga: Inilah Persyaratan Dan Biaya Yang Harus Dipersiapkan Untuk Bersekolah Di Singapura

Informasi Terbaru

Back To Top