Jadwal dan Materi yang di Ujikan dalam Seleksi Program Beasiswa Santri Berprestasi 2015

Info Kuipper School.  Program Beasiswa Santri Berprestasi yang disingkat menjadi PBSB adalah sebuah program afirmatif perluasan akses santri untuk melanjutkan studi melalui suatu program yang terintegrasi mulai dari proses kerjasama, pengelolaan, sistem seleksi khusus bagi santri serta pemberian bantuan pembiayaan yang diperlukan bagi santri yang memenuhi syarat, sampai dengan pembinaan masa studi dan pembinaan pengabdian paska lulus;(baca juga :300 Kursi Perguruan Tinggi Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Tahun 2015 Telah Dibuka)

Untuk pelaksanaan seleksi Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) Tahun Anggaran 2015 atau Tahun Akademik 2015/2016 . Para Calon Penerima Beasiswa santri bisa mendaftarkan diri mereka secara online di www.pondokpesantren.net/pbsb adapun untuk Pendaftarannya sendiri dimulai pada tanggal 01 April sampai dengan 20 April 2015 (ditutup pukul 16.00 WIB); berikut jadwal Lengkap Pelaksanaan Seleksi Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB):
PBSB
Seperti yang kita tahu bahwa Pendaftaran Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) ini diperuntukan bagi : 
  1. Lulusan Madrasah Aliyah (MA) Tahun 2015 binaan Pondok Pesantren jurusan IPA, IPS, Bahasa, dan Agama; 
  2. Lulusan Pondok Pesantren Muadalah (PPM) dan Pondok Pesantren Salafiyah (PPS) Penyelenggara Paket C Tahun 2014 dan 2015; 
  3. Masing-masing jurusan dapat memilih bidang program studi pada perguruan tinggi yang sudah ditentukan; Jika Calon peserta mengalami kesulitan dalam pendaftaran online calon peserta dapat menghubungi pihak Kantor Wilayah Kemenag dimasing-masing provinsi (nomor contact terlampir); dan Proses proses pelaksanaan seleksi PBSB ini tidak dipungut biaya (gratis)
Adapun Materi yang diujikan dalam seleksi meliputi :
  1. Tes Bakat Skolastik/TBS (120 menit; 90 soal pilihan ganda) Ujian ini untuk mengukur kemampuan verbal, kuantitatif dan penalaran, sehingga kemampuan santri untuk melanjutkan pendidikan tinggidapat dievaluasi. Diperuntukkan untuk seluruh Bidang Pilihan Studi.
  2. TesPotensi Akademik (TPA) (150 menit; 100 soal pilihan ganda) Ujian ini untuk mengukur kemampuan akademik dalam hal: (1) Materi IPA untuk Bidang Pilihan Studi IPA, mencakup Matematika IPA, Fisika, Kimia, dan Biologi, (2) Materi IPS untuk Bidang Pilihan Studi IPS, mencakup Matematika IPS, Ekonomi, Sosiologi, dan Geografi (3) Materi Dirasah Islamiyah untuk Bidang Pilihan Studi KEAGAMAAN mencakup Fiqih, Tafsir, Hadist, Aqidah Akhlak dan Sejarah Kebudayaan Islam (4) Materi TPA khusus Pilihan Studi pada Universitas Airlangga Surabaya Peserta seleksi dengan pilihan studi pada UIN Maulana Malik Ibrahim tidak mengikuti TPA.
  3. Bahasa Inggris (90 menit; 100 soal pilihan ganda) Ujian ini untuk mengukur kemampuan dalam berbahasa Inggris.Diperuntukkan untuk seluruh Bidang Pilihan Studi.
  4. Kepesantrenan (60 menit; 90 soal pilihan ganda) Ujian ini untuk mengukur pengetahuan keagamaan, wawasan, dan tradisi kepesantrenan, termasuk pemahaman atas kitab kuning.Diperuntukkan untuk Bidang Pilihan Studi IPA dan IPS (selain pilihan studi pada UIN Maulana Malik Ibrahim Malang).
  5. Bahasa Arab (60 menit; 60 soal pilihan ganda) Ujian ini untuk mengukur kemampuan dalam berbahasa Arab.Diperuntukkan untuk Bidang Pilihan Studi KEAGAMAAN 
Sekian dan Terima Kasih Semoga bermanfaat..!!!

Tag: #PBSB, #TPA

Informasi Terbaru

Back To Top