Inilah Persyaratan Dan Biaya Yang Harus Dipersiapkan Untuk Bersekolah Di Singapura

Siapa yang tidak kenal dengan singapura, negara yang berjarak"sepelemparan batu" dari wilayah Provinsi kepulauan Riau, atau hanya dapat di tempuh  dalam waktu sekitar 1.5 jam dari Jakarta, adalah merupakan negara yang sangat  menarik untuk di kunjungi untuyk berwisata, berbisnis, tempat untuk melakukan pengobatan, juga menjadi negara untuk tujuah menempuh pendidikan

Banyak siswa siswi asal Indonesia yang menempuh pendidikan di Singapura, yang masih kita ingat adalah salah satu putra presiden yang baru-baru ini telah menyelesaikan pendidikan tingkat SMA nya di negara ini. Karena jaraknya yang begitu dekat serta kebudayaan yang tidak jauh berbeda membuat para orang tua siswa merasa lebih aman dan kurang rasa khawatir, untuk menyekolahkan anaknya di Singapura.
Jenjang pendidikan yang dipilih untuk bersekolah di Singapura tidak hanya untuk pendidikan tingkat tinggi saja, melainkan mulai dari tingkat SLTP dan SLTA bahkan adapula yang mulai menitipkan pendidikan putra-putri warga negara Indonesia mulai dari jenjang SD.

Jenjang pendidikan formal di Singapura dimulai dari pendidikan setingkat SD yang disebut Primary School (6 tahun), kemudian setingkat SMP yang disebut Secondary School (4-5 tahun) dan setingkat SMA yang disebut Junior College (2 tahun). Lulusan Primary akan menerima Primary School Leaving Certificate, lulusan Secondary akan menerima "O" Level Certificate dan lulusan Junior College akan memperoleh "A" level Certificate.
Sekolah-sekolah tersebut mayoritas adalah sekolah pemerintah, disebut Government School, yang menganut sistim pendidikan Inggris. Disamping itu terdapat juga sekolah-sekolah Internasional yang menganut sistim Internasional (IB) > Australia atau Amerika. Untuk masuk ke masing -masing sekolah tersebut harus melalui test masuk. Para siswa internasional yang ingin masuk ke Government School harus mengikuti test yang disebut AEIS Test.

Biaya Pendidikan di singapura harus diketahui  terlebih dahulu oleh para orang tua yang akan melepas pendidikan putra-putrinya di negara ini, berikut ini kami coba berbagi informasi mengenai beberapa persyaratan serta biaya pendidikan juga biaya hidup yang harus dipersiapkan selama menempuh pendidikan disana.

DOKUMEN DOKUMEN YANG DIPERLUKAN
  1. Photocopy Raport & Ijazah terakhir yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
  2. Photocopy Akte Lahir dilegalisir notaris.
  3. Photocopy pasport siswa & orang tua.
  4. Pas photo ukuran 4x6 cm -10 lembar
  5. Photocopy Kartu Keluarga.
  6. Bukti test Bahasa Inggris 
BIAYA SEKOLAH:
  • Government School: S$ 1,500 - 5,000
  • International School: S$ 15,000 - 20,000
TEMPAT TINGGAL & MAKAN (12 BULAN):
  • S$ 10,000 - 18,000
UANG SAKU:
  • S$ 3,500 - 5,000
BUKU-BUKU:
  • S$ 500 - 1 ,000
Uang sekolah untuk kursus bahasa Inggris berkisar antara:
  • S$ 2,000 - 3,500 per 12 minggu.
Biaya kuliah di Polytechnic :
  • S$ 2,500 /tahun. Setelah selesai Diploma siswa dengan subsidi harus menjalani kerja praktek selama 3 tahun di salah satu perusahaan Singapura.
Biaya kuliah program Diploma di College-college swasta:
  • S$ 7,000 - 10,000 /tahun.
Disamping biaya-biaya tersebut diatas masih terdapat biaya¬biaya lain seperti :
  • Biaya sebagai siswa asing untuk Pemerintah Singapura sebesar S$ 1,000 (per 2 tahun) 
  • Sumbangan untuk sekolah sekitar S$ 3,000 - 5,000 untuk masing-masing sekolah tingkat SD, SLTP, SMA. 
Demikianlah sekilas informasi pendidikan di Singapura berikut perkiraan biaya yang harus dipersiapkan oleh para calon siswa atau orang tua siswa, semoga bermanfaat..!
Baca juga: Yang Harus Diketahui Dan Dipersiapkan Sebelum Kuliah Di Amerika Serikat

Informasi Terbaru

Back To Top