Di "Tenjo" Kami Berharap Ada Perbaikan Pendidikan

Info Kuipper School.
Kecamatan Tenjo merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Bogor yang berada diujung paling barat, berbatasan langsung dengan wilayah kabupaten Tangerang, persisnya beberapa desa beririsan langsung dengan Ibukota Kabupaten Tangerang, Tigaraksa.

Sudah menjadi cerita lama kecamatan Tenjo yang berjarak cukup jauh dengan ibukota Kabupaten induknya, yaitu Kabupaten Bogor yang berada di Cibinong mengalami banyak ketertinggalan pembangunan, diantaranya pembangunan pendidikan serta angka kemiskinan dan pengangguran yang begitu tinggi di kecamatan ini, karena untuk mencapai ke ibukota Kabupaten Bogor ini mereka lebih memilih untuk melewati wilayah kabupaten Tangerang, sehingga tidak heran masyarakat disana lebih akrab dengan wilayah kabupaten tetangga untuk memenuhi kebutuhan ekonomi dan kebutuhan lainnya, kecuali untuk kebutuhan administrasi mereka harus berjuang menembus buruknya infrastruktur untuk mencapai Cibinong.

Suara untuk mendapatkan perhatian dari pemerintahan induknya di Cibinong sering kali disampaikan oleh masyarakat Tenjo dan masyarakat wilayah barat Kabupaten Bogor,seperti masyarakat kecamatan Parung Panjang, Jasinga, Cigudeg, Rumpin dan yang lainnya demi melihat begitu “gemerlapnya” wilayah kabupaten tetangga. Tetapi suara ini sering kali hanya menjadi wacana diatas kertas oleh pejabat Cibinong, sehingga bermuara tuntutan untuk dilakukan pemekaran Kabupaten Bogor Barat yang hingga kini masih belum jelas kelanjutannya.

Dalam rangka pemerataan pembangunan di seluruh Kabupaten Bogor terutama Wilayah bagian barat, Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor tidak akan membedakan nya,hal ini terlihat alokasi anggaran yang diberikan kepada Kecamatan Tenjo sebesar 70 Miliar Rupiah yang digunakan untuk pembangunan infrastruktur di segala bidang.

"Tahun ini Kecamatan Tenjo mendapatkan alokasi anggaran untuk pembangunan sebesar 70 Miliar Rupiah,ini bukti Pemkab Bogor tidak membedakan seluruh Kecamatan di Kabupaten Bogor."Tegas Bupati Bogor,Hj.Nurhayanti ketika memimpin rapat minggon keliling di Kecamatan Tenjo,pada Rabu,(1/4).

Bupati Bogor,Hj.Nurhayanti menjelaskan hal yang menjadi prioritas adalah sejumlah pembangunan jalan dan perbaikkan jalan tenjo-Cilejet,Tenjo-singabangsa,singabangsa-batas tangerang serta jalan jasinga tenjo,semua tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan infrastruktur Kabupaten Bogor dan sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat. "Tahun Pemkab Bogor melalui Dinas Marga dan Pengairan akan memperbaiki serta meningkatkan kualitas beberapa ruas jalan di Kecamatan Tenjo agar masyarakat dapat menikmati pembangunan yang dilakukan oleh Pemerintah,"Ungkapnya.

Tak hanya di bidang infrastruktur jalan yang menjadi prioritas di Kecamatan Tenjo,Pembangunan pasar tenjo yang nanti nya akan berdekatan dengan terminal,akan segera dilakukan pada tahun ini dengan anggaran 10 miliar rupiah untuk pembebasan tanah,maka camat dan juga kepala desa berkoordinasi dengan warga agar bisa mendapatkan tanah dengan harga murah. "pembangunan pasar Tenjo akan segera di lakukan,Pemkab Bogor sudah mengalokasikan anggaran sebesar 10 Miliar yang di gunakan pembebasan lahan, untuk pelebaran jalan di sekitar Pasar saya akan berkoordinasi pihak PJKA,"tambahnya.

Bidang Kesehatan pun tak luput dari perhatian Bupati Bogor,Hj.Nurhayanti, berjanji akan menambah sarana dan prasarana puskesmas Kecamatan tenjo secara bertahap,namun insan kesehatan yang bertugas wajib melayani pasien dari masyarakat yang kurang mampu. "Puskesmas Kecamatan tenjo akan mendapatkan perhatian lebih dari Pemerintah dengan meningkatkan sarana dan prasarana secara bertahap,akan tetapi jangan lupa insan kesehatan tetap melayani masyarakat. dengan sepenuh hati,"Pesannya.

Sementara itu,Camat Tenjo,Khoirudin Pelani,sangat berterima kasih atas perhatian yang di lakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bogor untuk Kecamatan Tenjo,maka seluruh elemen pun akan berusaha memajukan Kecamatan ini.

Dari paparan diatas dengan dengan kucuran dana yang digelontorkan untuk kecamatan Tenjo, ternyata komitmen pembangunan pendidikan masih sedikit mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten Bogor, akankah paradigma pembangunan harus selalu dipandang dalam pembangunan phisik, betapa malangnya pendidikan jika terus menerus kurang perhatian seperti ini….

Informasi Terbaru

Back To Top