Cara Menyusun SK Pembagian Tugas Mengajar sesuai dengan Ketentuan Kurikulum Bagi Sekolah Tingkat Dasar 2015

Info Kuipper School. Setelah anda berhasil melakukan sinkronisasi, pada Aplikasi dapodikdas V.3.0.2 langkah selanjutnya adalah mengedit data Rombongan Belajar sesuai dengan kurikulum yang harus digunakan. 

Saat kita memilih tab Rombongan Belajar, bagi sekolah yang melanjutkan kurikulum 2013 akan muncul notifikasi sebagai berikut, "Sekolah anda dapat melanjutkan kurikulum 2013" setelah itu anda bisa klik tombol OK
Untuk Pilihan referensi kurikulum nya adalah sebagai berikut: 
  • Kurikulum SMP 2004 (KBK)
  • Kurikulum SMP KTSP 
  • Kurilulum SMP 2013 
  • Kurikulum SMP KTSP 
Bagi Sekolah yang harus menggunakan kurikulum KTSP akan muncul notifikasi sebagai berikut, "Sekolah anda tidak dapat melajutkan kurikulum 2013" Kemudian anda bisa klik tombol OK :Untuk Pilihan referensi kurikulum nya adalah sebagai berikut, referensi kurikulum 2013 tidak muncul. 
  • Kurikulum SD 2004 (KBK) 
  • Kurikulum SD KTSP 
Bagi Sekolah yang kembali menggunakan kurikulum 2006 (KTSP) silahkan untuk menyusun kembali SK Pembagian Tugas Mengajar sesuai dengan ketentuan Kurikulum KTSP. Selanjutnya operator memperbaiki data di Aplikasi sesuai dengan SK Pembagian Tugas Mengajar tersebut. Cara memperbaikinya adalah sebagai berikut : 
Baca juga : Cara Pengisian dan Penginputan Data Nilai PKG Tahun 2015
Perbaikan bagi sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) 
Bagi Sekolah Dasar (SD) yang kembali menggunakan Kurikulum KTSP dan masih menggunakan Kurikulum SD 2013, harus merubah kurikulumnya menjadi Kurikulum SD KTSP. Jika tidak saat akan membuka pembelajaran akan muncul peringatan dari aplikasi. "Rombel dengan nama kelas memilih K13 sekolah yang dapat menggunakan kurikulum 2013 hanya sekolah yang ditentukan kemdikbud". 

Cara merubahnya adalah sebagai berikut : 
  • Edit data kurikulum yang tadinya Kurikulum 2013 menjadi kurikulum KTSP, lalu pilih  SIMPAN. 
  • Pilih rombel yang baru kita ubah kurikulumnya, lalu lihat data pembelajarannya dengan memilih tombol PEMBELAJARAN. Maka kita akan mendapati ketidak sesuaian jam Pendidikan Agama antara jam yang diinput dengan ketentuan maksimal. 
  • Sesuaikan data jumlah jam mengajarnya sesuai SK Pembagian Tugas Mengajar dan sesuai Ketentuan Kurikulum SD KTSP. 
Tampilan data pembelajaran sebelum diperbaiki 
Rombel
Tampilan setelah diperbaiki adalah sebagai berikut :
Tampilan setelah diperbaiki
Baca juga : Cara Cek Nomor Induk Siswa Nasional NISN 2015
Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat...!!!!

Informasi Terbaru

Back To Top