Cara Melakukan Pengiriman Data Dengan Cara Sinkronisasi Online Pada Aplikasi Dapodikdas V 3.03

Info Kuipper School. Bagi anda operator sekolah yang ingin melakukan perubahan data dan akan melakukan pengiriman data,  dengan cara sinkronisasi online, jika pengguna sudah terkoneksi internet, maka akan terlihat tampilan Koneksi Anda dengan Internet : CONNECTED berwarna hijau, namun jika pengguna tidak terkoneksi internet maka tampilan yang akan telihat adalah Koneksi Anda dengan Internet: DISCONNECTED berwarna merah. 
Baca juga : Cara Menyusun SK Pembagian Tugas Mengajar sesuai dengan Ketentuan Kurikulum Bagi Sekolah Tingkat Dasar 2015
Tabel Data yang mengalami perubahan adalah tabel untuk melihat jumlah data yang mengalami perubahan sebelum sinkronisasi, bukan jumlah data yg sudah diinput di dalam tabel tertentu. Contoh: jika ada 1 data murid dan pengguna melakukan perubahan data 3 kali (pada bagian alamat, RT, dan RW), maka jumlah data yang mengalami perubahan adalah 3. Untuk melakukan sinkronisasi, pengguna cukup klik tombol SINKRONISASI yang berwarna hijau, kemudian tunggu proses sinkronisasi selesai. 

Tampilan proses sinkronisasi ditunjukkan dengan progress bar berwana hitam yang terdapat di atas form sinkronisasi. Contoh tampilannya adalah sebagai berikut: 
Mengirim data
Jika proses sinkronisasi sudah selesai, maka di dalam form sinkronisasi akan tampil waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan sinkronisasi dan peringatan bahwa sinkronisasi berhasil. Ada beberapa kriteria berhasil sinkronisasi yang perlu diketahui oleh pengguna. Kriteria-kriteria tersebut adalah: 
  • Tabel Data yang Mengalami Perubahan Kosong 
  • Tabel Data yang Dikirim ke Server Sukses 
data yang dikirim
Pastikan data yang dikirim ke server tidak ada yang gagal. Perhatikan tabel ini setelah sinkronisasi, jika masih ada jumlah data yang gagal di tabel ini, maka pengiriman beberapa data tersebut belum berhasil. 
  • Ada Waktu Sync dan Selesai Sync di Tabel Update Log Sinkronisasi 
Waktu Sync
Kriteria lain adalah pada tabel Beranda di pojok kanan bawah, terdapat tabel Update Log Sinkronisasi dimana pada tabel tersebut pengguna dapat melihat waktu sinkronisasi dan waktu selesai sinkronisasi. Sinkronisasi dapat dikatakan berhasil masuk ke server jika kedua kolom terisi (waktu sync dan selesai sync). Jika waktu selesai sync masih kosong, maka sinkronisasi dapat dikatakan gagal. 
Baca juga : Cara Melakukan Perbaikan Pembagian Tugas Mengajar Sesuai dengan Kurikulum KTSP Bagi Sekolah Tingkat Menengah Pertama (SMP) 2015
Sekian dan Terima Kasih Semoga Bermanfaat...!!!!!

Informasi Terbaru

Back To Top