Cara Melakukan Installasi dapodikdas V.3.0.3 dengan Melakukan Sinkronisasi



Info Kuipper School. Menggunakan Aplikasi Dapodikdas versi 3.0.3 diawali dengan melakukan installasi versi.3.0.3. Yang berbeda di versi ini adalah menggunakan aplikasi harus diawali dengan sinkronisasi. Sinkronisasi ini bertujuan untuk menurunkan tanda/flag yang mendefinisikan sekolah mana saja yang dapat menggunakan Kurikulum 2013. Setelah melakukan sinkronisasi sekolah diharapkan memperbaiki data rombongan belajar menyesuaikan dengan kebijakan kurikulum yang berlaku bagi sekolah. 
Baca juga : Cara Cek Nomor Induk Siswa Nasional NISN 2015
Patch Aplikasi Dapodikdas versi 3.0.3 dapat diunduh di website dapo.dikdas.kemdikbud.go.id melalui menu Download Aplikasi. Setelah selesai unduh maka kita sudah dapat langsung memulai proses installasi Patch Dapodikdas versi 3.0.3. Untuk menginstall Patch aplikasi Dapodikdas versi 3.0.3 silahkan ikuti langkah berikut ini : 
Baca juga : Cara Melakukan Pengiriman Data Dengan Cara Sinkronisasi Online Pada Aplikasi Dapodikdas V 3.03
Pastikan terlebih dahulu bahwa aplikasi yang telah terinstall adalah versi 3.0.2. Jika yang terinstall di kompter masih versi lebih bawah dari 3.0.2 maka akan muncul peringatan. Jika versi aplikasi yang terinstall adalah bukan versi 3.0.2 maka uninstall aplikasi dapodikdas lalu install terlebih dahul versi 3.02 sampai berhasil login (penjelasan lebih lanjut baca manual aplikasi versi 3.0.2). Jika versi aplikasi yang terinstall telah memenuhi ketentuan maka kita dapat memulai proses installasi Patch versi 3.03.
  • Double klik master Aplikasi Patch Dapodikdas 3.0.3 lalu akan muncul menu installasi aplikasi,
  • Pilih tombol LANJUT.  Proses install patch akan berlangsung, tunggu hingga proses installasi selesai 
  • Kemudian pilih tombol SELESAI.
  • Buka aplikasi dapodikdas dan Jangan lupa sebelum login refresh browser dengan menggunakan CTRL+ F5 agar cache versi sebelumnya terbarukan dan perubahan versi aplikasi nampak di beranda. 
  • Dengan demikian proses installasi Patch telah selesai. 
Perlakuan khusus di versi 3.0.3 ini adalah setelah berhasil melakukan installasi patch, operator HARUS MELAKUKAN SINKORNISASI. Hal ini bertujuan untuk menurunkan Flag penanda sekolah mana saja yang dapat menggunakan kurikulum 2013 dan mana yang kembali menggunakan kurikulum 2006. Caranya adalah sebagai berikut : 
  • Klik tombol validasi, abaikan dulu data invalid dan peringatan yang ada di validasi, lalu pilih TUTUP. 
  • Pilih tombol SINKRONISASI di beranda, pada notifikasi persetujuan pengiriman data 
  • Pilih YA. Lalu akan muncul menu sinkronisasi, pastikan sudah terkoneksi dengan internet yang stabil lalu pilih tombol SINKRONISASI yang berwarna hijau. 
  • Jika proses sinkronisasinya berhasil maka akan muncul keterangan terpilih atau tidaknya melanjutkan Kurikulum 2013. 
  • Bagi sekolah yang tidak melanjutkan kurikulum 2013 maka tampilannya adalah sebagai
    berikut,
Sinkronisasi
Baca juga : Cara Melakukan Perubahan dan Mengirim data dengan Cara Sinkronisasi Offline Dapodikdas 2015
Sekian dan terima kasih semoga bermanfaat...........!!!!!!

Informasi Terbaru

Back To Top