8 fakta Menarik Kemajuan Pendidikan DI Finlandia Yang Patut Dijadikan Contoh

Finlandia negara yang berada di kawasan Eropa timur bisa dikatakan negara dengan tingkat kemajuan industrialisasi masih di bawah negara-negara erofa lainnya, tetapi jangan ditanya,, untuk kesejahteraan warganya,,mereka tidak kalah dengan negara-negara industri yang ada di eropa.

Disamping itu menurut sebuah survei, bahwa tingkat kebahagiaan masyarakat dunia, Finlandia menduduki peringkat pertama, hal ini patut mendapat kajian dan pelajaran dari kita semua, salah satu faktor yang dapat kita simpulkan bahwa kemajuan ekonomi sebuah negara tidak berbanding lurus dengan tingkat kebahagiaan warganya.

Dalam bidang pendidikan, Finlandia patut kita jadikan contoh pula, karena pengelolaan dan kemajuan pendidikan banyak mendapat pengakuan dari banyak lembaga dunia. Berikut ini kami berikan 8 fakta menarik penyelenggaran pendidikan di Finlandia:
  1. Menurut Hukum di Finlandia, anak-anak baru boleh bersekolah pada umur 7 tahun, hal itu dikarenakan untuk menyiapkan mental anak-anak untuk belajar. Dan orang-orang Finlandia juga yakin anak-anak pada usia dini harus lebih banyak bermain dan bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya.Meskipun mulai telat, tapi pelajar umur 15 di Finlandia justru berhasil mengungguli pelajar lain dari seluruh dunia dalam tes internasional Programme for International Student Assessment (PISA). Itu membuktikan faedah dan efektivitas sistem pendidikan di Finlandia. 
  2. Di Finlandia setiap 45 menit waktu belajar mereka berhak istirahat selama 15 menit, karena orang Finlandia yakin ilmu yang sudah dipelajari akan lebih mudah diserap dan diingat jika dikasih kesempatan mengistirahatkan otak. Di Finlandia total waktu belajar sekolah hanya 4 sampai 5 jam sehari. Di Indonesia waktu belajar untuk pelajar SD adalah masuk sekolah pada jam Setengah Tujuh pagi dan pulang sekitar jam 12 atau jam 1, dengan waktu istirahat 30 menit. 
  3. Finlandia adalah Negara pertama yang mengadakan program makan siang gratis untuk sekolah. 
  4. Sistem pendidikan di Finlandia dibangun atas dasar kesetaraan. Bukan memberi subsidi pada mereka yang membutuhkan, tapi menyediakan pendidikan gratis dan berkualitas untuk semua. Jadi orang tua di FInlandia tidak kebingungan kalau cari sekolah karena semua sekolah di Finlandia sama bagusnya. Dan mereka menyediakan berbagai fasilitas seperti jemputan, makan, dan kesehatan secara Cuma-Cuma, bandingkan dengan di Indonesia. 
  5. Semua guru di Finlandia dibiayai pemerintah untuk mendapatkan gelar master dan gaji mereka merupakan salah satu pendapatan paling tinggi di Finlandia. Guru di Finlandia mempunyai kualitas dan mutu yang sangat tinggi. 
  6. Rasio Perbandingan Guru di Finlandia adalah 1 guru hanya untuk 12 orang murid, hal itu ditujukan supaya guru dapat memberi perhatian lebih khusus kepada murid-muridnya. 
  7. Finlandia tidak menerepakan system ujian nasional karena mereka menganggap bahwa gurulah yang paling mengerti anak muridnya. 
  8. Pendidikan Tinggi yang ada di Finlandia memberikan kesempatan secara cuma-cuma kepada seluruh warganya, maka tak heran banyak para mahasiswa yang berusia lanjut menempuh pendidikan tinggi sesuai minat yang diinginkan walaupun mereka telah memiliki gelar sarjana.
Demikianlah beberapa fakta yang dapat kami informasikan, semoga menjadi pemicu dalam membangun pendidikan di negara kita.

Informasi Terbaru

Back To Top