6 Tips untuk Dilakukan Dalam Mendidik Dan Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak

Info Kuipper School.
Menghadapi perilaku anak agar mmemperoleh rasa percaya diri, memerlukan peran orang tua dalam mendampingi dan membimbingnya, setiap kali tindakan diperbuat seorang anak hendaknya orang tua dapat merespon dengan cara dan sikap yang baik. (Baca juga: Yang Perlu Diketahui dan Dilakukan Jika Perilaku Anak Dianggap Berbeda)

Informasi atau mungkin semacam tips dalam mensikapi perilaku seorang anak kami coba sajikan dan kami kutip dari cerita tokoh parenting pendidikan anak,"Ayah Edi", yaitu diantaranya:
  1. Puji setiap usaha kecil yg dilakukannya meskipun terlihat remeh temeh, misalnya pada saat anak berhasil mewarnai gambar, meskipun warnanya tampak tidak beraturan. Atau saat anak berusaha belajar makan sendiri meskipun sendoknya mampir ke pipi dan hidung dan makanan berceceran.
  2. Senyumlah jika ia gagal melakukan sesuatu dan katakan “ayo coba lagi...kamu pasti bisa mama yakin kok..”.contoh lain jika nilai raportnnya Cuma naik 1 poin “Wah hebat anak mamah nilai matematikanya sekarang sudah 6.... lho... jika kamu terus berusaha ternyata kamu bisa ya sayang...”
  3. Jika ada yg mencela anak kita, bisikan padanya... "Jangan percaya orang itu sayang...., percaya sama mama, kamu itu anak hebat !!.”
  4. Jika ia sedang bercerita atau mejelaskan sesuatu segera tanggapi, dengan antusias “0h..begitu ya... kok bisa begitu ya.... wah... hebat sekali...”
  5. Lebih banyak bertanya dan mendengarkan dari pada mengjari... Misalanya pada saat belajar menghitung angka urut.......”eh.. tadi angka habis lima berapa ya.... enam atau depan ya..mama kok lupa ya....? (padahal maksudnya agar anak memperbaiki) “ yuk kita coba ulangi lagi....”
  6. Apakah kita sebagai orang tua juga sudah merasa PD dengan diri sendiri di depan umum...? karena sy juga sering menemukan anak itu menjadi tidak PD karena ibunya sendiri juga TIDAK PD, itu yg disebut TIDAK PD yang menular.
Demikianlah Tips dan informasi sederhana ini dalam meningkatkan rasa percaya diri anak, semoga bermanfaat...!

Informasi Terbaru

Back To Top