208 Ribu Kepala Sekolah Akan Mendapatkan Pelatihan Leadership

Info Kuipper School.
Keberhasilan kegiatan pembelajaran pada sebuah satuan pendidikan tidak bisa dilepaskan dari peran kepemimpinan seorang kepala sekolah, walaupun kebijakan pendidikan berada pada dinas pendidikan masing-masing daerah, tetapi otoritas pengelolaan pada tingkat satuan pendidikan berada ditangan seorang kepala sekolah.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan berjanji memberikan porsi lebih besar bagi pelatihan para kepsek dan guru. Pasalnya, kepala sekolah dan guru merupakan kunci peningkatan mutu pendidikan.

"Sekolah bisa menjadi lokasi menyenangkan bagi siswa itu tergantung kepada kepsek dan guru. Karena itu, seluruh kepsek baik yang baru maupun lama harus mendapatkan pelatihan dan pendidikan lagi bagaimana menjadi seorang leadership," tutur Anies.

Dia mengakui, penambahan porsi pendidikan dan pelatihan bagi kepsek dan guru konsekuensinya menambah anggaran. Namun, pemerintah tetap akan mengupayakannya karena kepsek dan guru kebanyakan hanya tahu pendidikan formalitas.

"Sebanyak 208 ribu kepsek di Indonesia harus punya leadership. Jangan hanya pendidikan formalitas. Bagaimana sekolah bisa menjadi tempat menyenangkan kalau kepseknya hanya jago administrasinya. Paling utama dari kepsek itu leadershipnya," tegas Anies.

Selain dituntut untuk memiliki leadhersip yang kuat, pengelolaan administrasi seorang kepala sekolah perlu mendapat penguatan pula, diantaranya melalui penyempurnaan sistim administrasi juga pengelolaan sistim keuangan yang dimiliki sekolah.  

Informasi Terbaru

Back To Top