10 Program Beasiswa Ke Amerika Untuk Guru Dan Dosen Tahun 2015 Ini Dia Kesempatannya !!

Para guru dan Dosen di Indonesia begitupun kelompok masyarakat lainnya yang berkeinginan untuk melanjutkan studi di Amerika, saat ini sedang dibuka kesempatan untuk menempuh pendidikan di negeri paman sam ini dengan program beasiswa yang dibuka untuk warga negara Indonesia.

Kesempatan studi di Amerika Serikat (AS) kini terbuka lebar. Program beasiswa Fulbright tiap tahun dibuka buat mahasiswa Indonesia. Anda berpeluang meraih studi mulai dari master hingga PhD di berbagai perguruan tinggi negeri Paman Sam. Ada juga beasiswa yang dikhususkan untuk kegiatan mengajar di AS buat guru dan program non gelar bagi profesional.  Berikut daftar beasiswa Fulbright yang buka pendaftaran:
  1. Fulbright master’s degree program :  Beasiswa Fulbright satu ini ditujukan bagi para dosen maupun staf universitas. Kesempatan juga dibuka bagi masyarakat umum yang ingin mengambil gelar master di universitas-universitas AS. Pelamar tidak dibatasi disiplin dan bidang studi yang akan mereka ambil. Bagi yang berminat deadline pendaftaran 15 April 2015 dengan mengirimkan aplikasi via pos ke kantor AMINEF di Jakarta. 
  2. Fulbright-Freeport master’s degree program : Program Fulbright ini khusus ditujukan bagi warga Papua yang ingin studi di Amerika Serikat. Program gelar master yang bisa diambil meliputi beberapa bidang, yaitu teknik, ilmu lingkungan, kebijakan publik, kesehatan masyarakat, bisnis, dan bidang terkait. Batas akhir pendaftaran 15 April 2015. 
  3. Fulbright master of science & technology initiative degree program : Selain ditujukan bagi dosen maupun staf universitas, beasiswa ini juga terbuka buat masyarakat umum. Beasiswa ini disediakan untuk program master yang terkait dengan bidang-bidang sains, teknologi, teknik, dan matematika (STEM). Seperti dua beasiswa di atas, batas pengajuan aplikasi adalah 15 April 2015. 
  4. Fulbright PhD degree program : Beasiswa Fubright doktor ini disediakan bagi para dosen, calon dosen, maupun staf universitas yang belum pernah menerima beasiswa Fulbright sebelumnya. Beasiswa terbuka untuk semua program studi yang ingin diambil. Durasi beasiswa berlangsung selama tiga tahun di berbagai program PhD di AS. Batas pengajuan aplikasi 15 April 2015. 
  5. USAID funded Fulbright agricultural MS and PhD scholarships : Beasiswa Fulbright satu ini didanai oleh USAID dengan prioritas studi pada bidang pertanian. Selain beasiswa S2 juga tersedia beasiswa S3. Kesempatan ini dibuka bagi calon dosen, dosen, maupun staf universitas. Bagi masyarakat umum juga dipersilakan mendaftar jika memang memenuhi kriteria. Aplikasi sudah harus diterima paling lambat 15 April 2015. 
  6. Fulbright doctoral dissertation research program : Hibah penelitian ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan bagi para kandidat doktor di Indonesia yang akan menyelesaikan penelitian disertasinya di AS. Program ini berlangsung selama enam bulan. Deadline 15 April 2015. 
  7. Fulbright foreign language (Indonesia) teaching assistant (FLTA) program : Beasiswa ini lebih spesifik ditujukan bagi para guru bahasa Inggris atau sedang dalam persiapan menjadi guru bahasa Inggris untuk mengikuti program mengajar selama sembilan bulan di AS. Anda diminta untuk mengajar bahasa Indonesia/Jawa serta kebudayaan Indonesia kepada siswa-siswa di sana. Program mengajar ini berlangsung selama 20 jam per pekan ditambah mengikuti dua kegiatan perkuliahan studi tentang AS. Deadline 15 April 2015. 
  8. Hubert H. Humphrey Fellowship Program for Mid-Career Professionals :  Beasiswa Hubert H. Humphrey ini ditujukan buat para profesional dengan karir menengah untuk berpartisipasi dalam program non gelar yang menggabungkan program kerja akademis dengan kegiatan pengembangan profesional di Amerika Serikat. Jangka waktu program ini berlangsung selama sembilan bulan. Anda yang punya pengalaman kerja setidaknya lima tahun, baik di sektor publik maupun swasta bisa mendaftar beasiswa ini. 
  9. ILEP (International Leaders In Education Program) : ILEP merupakan program pengembangan profesionalisme guru yang dirancang oleh Biro Pendidikan dan Kebudayaan Amerika Serikat. Program ini dikelola melalui IREX (the International Research & Exchanges Board), organisasi non profit yang bermarkas di Washington, DC. Beasiswa ini terbuka bagi para guru yang mengajar di SMP, SMA, SMK atau sederajat pada bidang studi bahasa Inggris, IPS, IPA, PKn, dan matematika. Pengalaman mengajar minimal 5 tahun. Batas pendaftaran 15 April 2015. 
  10. DIKTI funded Fulbright master’s degree program : Beasiswa ini merupakan kerjasama DIKTI dengan program Fulbright. Beasiswa ditujukan buat dosen tetap maupun tidak tetap, baik di perguruan tinggi negeri maupun swasta. Seperti beasiswa sebelumnya, program ini juga ditawarkan untuk semua bidang studi master yang bisa diambil di AS. Batas pendaftaran 15 April 2015. 
  11. DIKTI funded Fulbright PhD program : Program beasiswa doktor ini juga didanai oleh DIKTI yang ditujukan buat para dosen tetap di universitas negeri maupun swasta. Jika memenuhi kriteria, Anda bisa mengajukan beasiswa PhD ini untuk studi di universitas negeri Paman Sam. Batas pengajuan aplikasi sama seperti di atas. 
  12. DIKTI funded Fulbright doctoral dissertation research program : Program ini ditujukan bagi para dosen perguruan tinggi negeri maupun swasta di Tanah Air yang tengah mempersiapkan penyelesaian disertasi doktoral. Beasiswa penelitian ini juga disediakan oleh DIKTI bekerjasama dengan program Fulbright. Aplikasi beasiswa sudah harus diterima paling lambat 15 April 2015. 
Pendaftaran:  Formulir aplikasi bersama dokumen pendukung yang diminta dikirimkan ke kantor AMINEF di Jakarta paling lambat diterima 15 April 2015. Kirimkan ke alamat ini:  AMINEF Office: CIMB NIAGA Plaza, Lt. 3.  Jl. Jend. Sudirman Kav. 25  Jakarta 12920

Khusus beasiswa yang bekerjasama dengan DIKTI, formulir aplikasi beserta dokumen dikirimkan ke: Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  u.p. Direktur Pendidik dan Tenaga Kependidikan.  Jl. Pintu I Senayan, Lt. 5 Jakarta 1000. (… tuliskan nama program beasiswa! …). Selain dikirimkan ke DIKTI, salinan berkas juga dikirimkan ke alamat kantor AMINEF yang tertera di atas.

Agar tidak membingungkan dalam mengajukan aplikasi, cukup ikuti penjelasan di formulir aplikasi. Semua sudah dirinci, termasuk dokumen yang harus dilampirkan dan kemana berkas tersebut harus Anda kirim. 

Semoga Informasi ini bermanfaat, Selamat berjuang..!!

Informasi Terbaru

Back To Top