Destinasi Wisata Alam Pilihan Favorit di Bogor Barat

Info Kuipper School.
Bogor barat terdapat dua wilayah yang harus bisa kita bedakan, yang pertama adalah nama salah satu Kecamatan yang berada dalam kawasan kota Bogor dengan pusat pemerintahan kecamatan berada di daerah kelurahan Semplak, sedangkan Bogor Barat yang ada di wilayah Kabupaten Bogor adalah kawasan yang membentang dari kecamatan Dramaga, berbatasan dengan wilayah kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor hingga ke wilayah Jasinga, Tenjo dan parung panjang.

Secara keseluruhan wilayah bogor barat ini adalah wilayah yang terus berkembang seiring dengan perbaikan pembangunan Infrastruktur yang terus berjalan, ditandai dengan selesainya pelebaran dan betonisasi jalan Provinsi hingga mencapai ujung wilayah Jasinga yang berbatasan dengan provinsi Banten, serta telah dibukanya jalan alternatip lingkar Leuwiliang. (Baca: Tempat Wisata Rafting Terfavorit di Bogor)

Pariwisata Bogor Barat lebih tepatnya wilayah yang berada di Kabupaten Bogor wilayah barat yang terdiri dari empat belas (14) Kecamatan,dan merupakan bagian dari rencana pemekaran Kabupaten Bogor menjadi Kabupaten Bogor Barat (KBB) yang digulirkan beberapa waktu yang lalu yang sudah memenuhi syarat dan ketentuan untuk dimekarkan menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB) sesuai aturan yang disyaratkan oleh Kementerian dalam Negeri. Daerah ini memiliki potensi yang sangat banyak berupa potensi sumber daya alam serta sumber daya manusia juga potensi kawasan pariwisatanya.

Potensi yang dimiliki wilayah Bogor Barat dari sisi sumber daya manusia telah sejak lama menjadi pemasok orang-orang yang banyak memberikan andil bagi kemajuan pembangunan di wilayah Bogor secara keseluruhan, dari mulai jaman perjuangan melawan penjajahan Belanda dan Jepang hingga setelah kemerdekaan. Di daerah ini telah melahirkan para pejuang yang dengan gigih tanpa pamrih mengusir para penjajah,diantara tokoh pejuang tersebut setelah kemerdekaan terus berkiprah dalam pembangunan di  Bogor baik dalam bidang Ekonomi, Pendidikan dan social salah satunya adalah kita kenal nama K H. Sholeh Iskandar,yang jejak perjuangannya dapat kita lihat seperti pada Bank Amanah Ummah di wilayah Leuwi Liang,Universitas Ibnu Khaldun yang berada di bilangan Kota Bogor,lalu ada  Rumah Sakit Islam Bogor, Pesantren Darul Falah, serta Organisasi Badan Kerja Sama Pondok Pesantren Indonesia (BKSPPI). Atas segala perjuangannya nama beliau diabadikan pada jalan protocol di Kota Bogor. (Baca: Mari Wisata Di Bogor Tajur, Lengkap dan Murah)

Sumber daya alam yang ada di wilayah Bogor barat merupakan salah satu potensi yang sejak lama memberikan kontribusi bagi daerah lain mulai dari pertanian, peternakan, galian sumber daya alam seperti pasir,batu hingga emas dan mineral lainnya, yang tak kalah pentingnya sumber daya pendidikan wilayah Bogor Barat telah lama pula memberikan andil yang cukup besar dianttaranya dengan berdirinya Institut pertanian Bogor (IPB), juga lembaga-lembaga pendidikan dan pesantren yang bertebaran di pelosok kecamatan yang ada di wilayah Bogor barat.

Saat ini masyarakat wilayah Bogor barat sangat mengharapkan segera disahkannya Undang-undang daerah otonomi Baru yang tinggal ketuk palu dari Dewan Perwakilan Rakyat RI, karena dari semua persyaratan yang ditentukan oleh pemerintah sudah  terpenuhi,seperti kesiapan sumberdaya alam dan sumber daya manusianya, calon ibukotapun sudah ditentukan yaitu berada di wilayah desa Cigudeg, Kecamatan Cigudeg. Harapan ini sudah lama diperjuangkann oleh masyarakat Bogor Barat untuk mengharapkan kesejahteraan yang lebih baik di masa mendatang termasuk didalamnya dengan meningkatkan sector pariwisata yang dapat dinikmati oleh setiap orang. (Baca: Destinasi Wisata Danau Lido Yang Memukau)

Pariwisata merupakan salah satu andalan dan daya tarik tersendiri di wilayah bogor barat ini,salah satu yang ikonik adalah kawasan Gunung Salak Endah (GSE) yang berada di kecamatan Pamijahan, kawasan ini dengan potensi yang dimilikinya menyerupai kawasan punncak yang berada di wilayah kecamatan Cisarua.

selain itu ada wahana wisata yang dapat dikunjungi di wilayah Bogor Barat ini dari mulai destinasi wisata Ziarah, wisata alam diluar kecamatan Pamijahan serta destinasi wisata yang lain yang berada di wilayah Bogor barat.

Kawasan wisata lain yang sudah banyak dikenal adalah kawasan Goa Gudawang di kecamatan Cigudeg, kawasan kampung adat Urug di kecamatan Sukajaya, kawasan batu tulis di Desa Ciaruteun Kecamatan Cibungbulang serta masih banyak potensi pariwisata yang masih belum dikembangkan dengan baik.

Informasi Terbaru

Back To Top